-  

SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sekretaris Tim Seleksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika, Nahor Maizeni  sampaikan  bahwa pihaknya telah menyerahkan nama-nama  yang masuk 10 besar dalam  seleksi calon anggota KPU 4  Kabupaten kepada KPU RI.

“Kami menangani 4 Kabupaten, yaitu  Mimika, Intan Jaya, Paniai dan Deiyai dan kami telah memasukkan 10 besar nama-nama calon anggota KPU Kabupaten dari 4 kabupaten itu kepada KPU Pusat,” ujarnya saat dihubungi, Senin (8/1/2024).

Ia menjelaskan, seleksi selanjutnya akan dilakukan uji kompetensi. Uji tersebut dibagi menjadi dua, yaitu  uji kelayakan dan uji kepatuhan yang  diseleksi langsung   oleh tim KPU RI.

“Nah nanti KPU RI lakukan lagi seleksi tahap akhir dan langsung di tentukan 5 besar nama-nama yang masuk dalam komisioner KPU Kabupaten, sehingga kami tim seleksi punya kewenangan telah selesai di 10 besar ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan, penentuan 5 besar nama-nama komisioner akan di umumkan oleh KPU RI sebelum Pesta Demokrasi dan Kabupaten Mimika yang  pertama akan diumumkan.

“Setelah penentuan 5 komisioner tersebut, selanjutnya kelima komisioner mengambil voting menentukan Ketua komisionernya,” jelasnya.

Wartawan: Evita

Editor : Acik