SALAM PAPUA (TIMIKA) - Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Mimika, Stevan Wayan sampaikan bahwa prakiraan  cuaca di Timika  saat ini kembali normal.

“Berdasarkan prakiraan, cuaca awal tahun ini masih normal saja, waktu pagi hari hingga siang cuacanya panas, tapi akan hujan saat memasuki sore hingga malam dalam intensitas sedang hingga lebat,” ujarnya saat ditemui, Jumat (12/1/2023).

Namun, diharapkan agar masyarakat tetap waspada, karena hujan di awal tahun ini akan disertai  angin kencang dan guntur.

“ Sekarang ini tidak dinyatakan musim hujan, karena  hujan terjadi saat malam saja. Nah nanti sepertinya musim hujan terjadi  jelang Mei, Juni dan Juli, itu sesuai perkiraan tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Dijelaskan juga bahwa  apabila terjadi hujan, itu merupakan hujan lokal yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti terjadinya  uap laut yang berlebihan dan beberapa faktor lainnya.

Lebih lanjut disampaikan, saat ini  gelombang laut di wilayah Timika tergolong aman dengan tinggi gelombang yang  normal, yaitu 1-1,5 meter.

“Gelombang laut di awal tahun ini tidak begitu tinggi, yaitu  1 sampai 1,5 meter. Kita tetap akan memberikan perkiraan-prakiraan tinggi gelombang kepada stasiun di Poumako, sehingga dapat diketahui nelayan,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Acik