SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ketua KPU Kabupaten Mimika, Dete Abugau mengatakan bahwa logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke wilayah pegunungan dan pesisir Kabupaten Mimika sebagian besar telah terdistribusikan.

“Kami (KPU Mimika) telah mendistribusikan logistik ke 12 Distrik (Mimika), enam Distrik wilayah Pegunungan dan enam Distrik wilayah Pesisir,” ujarnya saat ditemui di Halaman Eme Neme Yauware Timika, Senin, (12/2/2024).

Dete menjelaskan, untuk Distrik Alama dan Hoya pendistribusiannya dilakukan secara bertahap, karena pengiriman tergantung cuaca. Sementara untuk keamanan saat Pemilu di dua Distrik tersebut tidak ada pengwalan khusus, hanya akan diawasi tokoh agama dan tokoh adat setempat.

“Di Hoya dan Alama masyarakat sudah menyurati pihak keamanan, untuk pelaksanaan Pemilu di wilayahnya hanya dikawal Tokoh setempat,” ungkapnya.

Ia pun memastikan H-1 Pemilu semua logistik telah selesai dibagikan kepada semua Kampung, Kelurahan dan Distrik di Kabupaten Mimika.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mimika, Frans Wetipo saat dikonfirmasi terkait pengawasan di Distrik Hoya dan Alama, mengungkapkan bahwa pihaknya memastikan pelaksanaan Pemilu di dua wilayah tersebut akan berjalan aman.

“Benar sekali dua Distrik itu tidak ada pengawasan dari pihak keamanan, namun saya pastikan Pemilu di sana berjalan lancar,” ujarnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy