SALAM PAPUA (TIMIKA) – Kopi menjadi salah satu komoditas utama di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, sebab menjamurnya kedai kopi (Kafe) khususnya di kota Timika saat ini menunjukkan bukti bahwa warga Mimika pada umumnya adalah penggemar kopi.

Kopi merupakan penyumbang terbesar kafein atau zat stimulan yang membantu orang lebih bersemangat. Di samping itu, kopi juga dapat membantu memelihara kesehatan jantung.

Namun ternyata minum kopi tanpa gula memiliki manfaat lebih, sebab kafein dari secangkir kopi akan terserap lebih cepat ke dalam darah hanya dalam waktu 20 menit dan dapat menetap dalam aliran darah selama lebih dari 12 jam.

Dilansir dari Kompas.com, berikut beberapa manfaat minum kopi tanpa gula:

  1. Meningkatkan energi di dalam tubuh dan menghindarkan rasa lelah
  2. Menurunkan resiko diabetes tipe 2 karena bisa membantu menyeimbangkan kadar gula darah
  3. Meningkatkan kesehatan otak sehingga akan menurunkan resiko masalah kesehatan tertentu, seperti Parkinson dan Alzheimer.
  4. Membantu mengurangi lemak tubuh sehingga menurunkan berat badan
  5. Menurunkan resiko depresi
  6. Mendukung kesehatan lever atau hati dan melindungi dari beberapa jenis penyakit seperti sirosis hati
  7. Melindungi tubuh dari radikal bebas
  8. Meningkatkan kemampuan atletik dan energi, khususnya jika diminum sebelum berolahraga

Ternyata minum kopi terlalu pagi dapat membuat tubuh lebih mengantuk di siang hari, dan minum kopi terlalu siang dapat menurunkan kualitas tidur di malam hari.

Tubuh akan memproduksi hormon kortisol di pagi hari untuk membuat tubuh lebih waspada dan berenergi untuk beraktivitas.

Kadar kortisol di dalam tubuh umumnya akan meningkat pada pukul 07.00 hingga 08.00 pagi dan semakin turun hingga mencapai titik terendah di malam hari saat tidur. Selain merespon bahaya, hormon kortisol juga akan membantu jam biologis tubuh atau ritme sirkadian untuk mengatur siklus bangun dan tidur.

Untuk itu, waktu yang baik untuk minum kopi tanpa gula adalah di antara pukul 09.30 hingga 11.00 di pagi hari, yang akan membantu tubuh lebih berenergi dan tidak akan mengganggu kualitas tidur di malam hari.

Ketika minum kopi di pagi hari, pada pukul 07.00 hingga 08.00, maka kadar kortisol akan semakin meningkat sehingga menimbulkan efek samping tertentu, seperti cemas, gelisah dan mudah marah. Sedangkan ketika minum kopi di atas pukul 14.00 siang akan membuat energi cepat menurun dan membuat susah tidur atau susah tidur nyenyak di malam hari.

Meskipun begitu, waktu untuk minum kopi tanpa gula di jam-jam aktivitas tertentu khususnya di malam hari bagi sebagian orang, relatif dapat menjadi pilihan dengan resiko susah tidur setelah itu.

Namun masing-masing orang akan memiliki respons tubuh yang berbeda terhadap kafein di dalam kopi. Untuk itu, perlu diperhatikan reaksi tubuh setelah minum kopi tanpa gula agar dapat menghindari terjadinya efek samping yang mungkin muncul.

Penulis/Editor: Jimmy