SALAM PAPUA (TIMIKA) - Wakil Ketua I Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (LEMASKO), Marianus Maknaipeku menjelaskan saat ini pihaknya telah mempersiapkan pendaftaran untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten (DPRK) Mimika jalur otonomi khusus (Otsus) Papua.

Namun kata Marianus, persiapan ini masih menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) dari Provinsi Papua Tengah, sebab semua aturan terkait DPRK Otsus akan diatur dalam Juknis tersebut.

“Kami secara internal sedang melakukan persiapan terkait pendaftaran DPRK jalur Otsus Mimika. Juknisnya dari Provinsi Papua Tengah melalui Kesbangpol Mimika, mereka juga masih pertemuan di Nabire, setelah pertemuan mungkin baru kita terima Juknisnya,” ujar Marianus kepada salampapua.com, Rabu (27/3/2024).

Ia menjelaskan, kriteria calon DPRK Otsus dari LEMASKO adalah memiliki kemampuan dalam memimpin, dapat menjalankan organisasi, dan yang paling penting memiliki rasa berkepihakan kepada masyarakat suku Kamoro.

“Kami tidak mau menempatkan orang yang hanya bicara banyak dan hanya mau memegang uang, namun yang kami pilih jelas yang bisa menjalankan aspirasi masyarakat bukan hanya mendengar,” ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya jalur Otsus ini, orang Kamoro bisa mendapatkan keadilan di tanah mereka, sebab menurutnya selama ini orang Kamoro hanya duduk dan mendengar namun tidak diperhatikan oleh Pemerintah.

“Kami orang Kamoro hanya duduk memperhatikan selama ini, bisa dilihat bagaimana kehidupan masyarakat kami di wilayah Pesisir Mimika, sehingga kami berharap dengan jalur ini bisa membangun orang Kamoro,” harapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy