SALAM PAPUA (TIMIKA) - Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Johannes Rettob mengungkapkan jika Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Mimika tahun 2024 sebesar Rp 7,5 Triliun sudah direalisasi dan saat ini semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah dalam tahap proses pelelangan pekerjaan, baik fisik maupun non fisik.

“Saya berharap mudahan-mudahan dengan APBD ini bisa memberikan pembangunan yang baik untuk Mimika dan masyarakat bisa menikmati pembangunan ini. Saya rasa itu juga yang masyarakat harapkan,” ujarnya usai  melaunching penerbangan perdana pesawat TransNusa di Bandara Udara Mozes Kilangin Timika, Kamis (18/4/2024).

Namun ia menekankan kepada semua Pejabat Pembuat Komitmen maupun Pokja untuk tidak membuat persyaratan yang memberatkan kontraktor, hanya untuk sengaja memenangkan orang-orang tertentu, sama seperti kejadian di tahun 2023, dimana banyak kontraktor lokal yang tidak dapat memenuhi syarat yang tidak masuk akal.

“Kita tidak main-main lagi karena hal-hal inilah yang membuat pekerjaan-pekerjaan ini mundur tidak berjalan karena terjadi pelelangan ulang. Tahun kemarin begitu banyak sanggahan banding, Pokja tetap saja melakukan prinsipnya yang tidak benar, jadi saya ingatkan Pokja jangan bermain,” tegasnya.

Dari kejadian tersebut, Dirinya berjanji akan memantau semua tahapan pelelangan tersebut.

“Sekarang sudah banyak pekerjaan-pekerjaan besar, termasuk pekerjaan lanjutan terminal bandara dan air bersih, itu adalah pekerjaan prioritas di tahun ini. Kemudian pemberdayaan ekonomi harus dijalankan dengan baik sehingga bisa dirasakan oleh masyarakat, bahwa pemerintah ada untuk mereka,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy