SALAM PAPUA (TIMIKA) - MF yang diduga merupakan pelajar salah satu SMA di Timika terekam kamera pengintai (CCTV) saat menggasak kotak amal di Masjid Al-Muttaqin yang beralamat di Block C nomor 61, RT 55, Perumahan Bintang Timur, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al-Muttaqin, Basri mengatakan bahwa kotak amal di dalam masjid yang digasak pelaku merupakan kontak infak dari jamaah.

Berdasarkan rekaman CCTV, pelaku masuk ke dalam masjid pukul 06.17 WIT, Selasa (23/4/2024), usai salat subuh.

Perbuatan pelaku merupakan hal yang luar biasa sehingga diharapkan agar DKM lainnya untuk selalu waspada. Sebab di CCTV pelaku sepertinya sebelumnya telah mengetahui kondisi di dalam masjid sehingga pelaku pun menggunakan penutup wajah agar tidak diketahui CCTV.

"Kejadiannya tanggal 23 April 2024 setelah salat subuh, memang tidak seberapa jumlah uang di dalam kotak amal itu karena sudah pernah diambil beberapa hari sebelumnya oleh pengurus DKM. Ini suatu kejadian luar biasa, makanya untuk DKM lainnya harus lebih hati-hati, karena meskipun masjid kami terpasang CCTV, tapi pelaku masuk dengan cara menutup wajahnya," ujar Basri, Jumat (26/4/2024).

Rekaman CCTV yang menangkap sosok remaja dengan tubuh gempal ini kemudian tersebar melalui platform Facebook. Banyak warga Timika memberi komentar bahwa pelaku merupakan seorang pelajar kelas VII di salah satu SMA, pelaku juga diduga sering melakukan aksi serupa dan pernah dilaporkan ke pihak kepolisian.

"Banyak yang komentar dan inbox ke saya bahwa pelaku itu pelajar di salah satu SMA dan ternyata sering mencuri," ujar seorang warga yang berdomisili di sekitar Masjid Al-Muttaqin, komplek perumahan Bintang Timur.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy