SALAM PAPUA (TIMIKA) - Gedung SD YPPK   Potowaiburu, Distrik Mimika Barat Jauh rusak parah akibat diterjang angin angin kencang. Beruntung tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka dalam peristiwa yang terjadi saat malam hari itu. Namun, seluruh seng atap terlepas, ruang kelas dan ruang APK hancur parah.

"Peristiwa itu terjadi sekira pukul 21.30 WIT, 6 Mei 2024.  Angin kencang disertai hujan deras mengakibatkan atap SD YPPK mengalami kerusakan parah," ungkap Kepala Distrik Mimika Barat Jauh, Everandus R Kukuareyau via telepon, Jumat (17/5/2024).

Everandus mengatakan, berdasarkan keterangan salah satu guru bernama Sergius Bon, angin kencang terjadi sejak pagi hingga malam hari, sehingga banyak pohon di sekitar sekolah tersebut yang tumbang.

Everandus telah mengirimkan surat ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), yang berisi permohonan bantuan penanggulangan bencana.

"Saya sudah kirim surat ke BPBD tanggal 7. Dan puji Tuhan, hari ini BPBD sudah respon dengan mengirimkan staf dan bahan bangunan," ujarnya.

Sementara Kaban BPBD Mimika, Moses Yarangga mengatakan, usai mendapat informasi tersebut, BPBD langsung mengambil Langkah dengan memberi bantuan berupa 200 lembar seng atap dan seng plat, papan, tripleks, paku, cat serta bahan makanan (Bama).

"Sekolah itu tempat anak-anak kita dididik dan memulai masa depan mereka, makanya kami harus turunkan bantuan. Anggota BPBD yang ke Potowaiburu ada 9 orang," tutup Moses.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi