SALAM PAPUA (TIMIKA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika terus melakukan persiapan dalam tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Mimika tahun 2024. Salah satunya, KPU Mimika lakukan tes wawancara bagi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS). Tes Wawancara ini dilakukan oleh keempat Komisioner Kabupaten Mimika, yang digelar di Hotel Horison Diana, Selasa (21/5/2024).

Ketua KPU Mimika, Dete Abuagau menjelaskan, tahapan wawancara ini dilakukan selama 2 harihari pertama tahapan wawancara untuk calon PPS Distrik Mimika Baru (Miru), Iwaka dan Wania, hari kedua akan dilanjutkan dengan distrik pesisir dan pegunungan.

“Saat ini kita sudah selesai untuk PPS Distrik Miru dengan jumlah 104 calon PPS. Lanjut lagi sebentar dengan Distrik Iwaka, kemudian mungkin sampai malam Distrik Wania, besoknya distrik pesisir dan pegunungan,” ujar Dete.

Ia menjelaskan, untuk materi dalam tahapan wawancara lebih ditanyakan detail terkait kepemiluan, undang-undang, loyalitas dan integritas.

“Karena mereka yang bekerja langsung di lapangan jadi kita tanyakan kesiapan mereka dil apangan,” jelasnya.

Usai tahapan wawancara, KPU Mimika akan melakukan pleno penetapan PPS, dan selanjutnya dilakukan pelantikan bagi PPS terpilih.

“Dua hari wawancara, besoknya kita pleno, dan pada tanggal 24 Mei kita langsung lantik PPS yang memenuhi syarat atau yang terpilih, untuk yang nanti kita terima itu, 3 PPS setiap Kampung/Kelurahan di 18 Distrik,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi