SALAM PAPUA (TIMIKA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Papua Tengah, melantik 89 anggota panitia pemilihan distrik (PPD) yang bertugas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, dan dilaksanakan di salah satu Hotel di Jalan Budi Utomo, Timika, Kamis (16/5/2024).

Ketua KPU Mimika Date Abugau mengatakan, hari ini 89 anggota PPD dilantik ini dilakukan serentak se-Indonesia, dan dari 89 PPD yang dilantik hampir semua merupakan PPD baru, hanya di distrik pedalaman yang diambil dari anggota PPD pada Pemilu lalu.

“Kalau untuk distrik kota kita ambil PPD baru. Kalau seperti pesisir dan pegunungan kita ambil yang lama, karena mengenal situasi wilayah di sana. Tapi Distrik Tembagapura kami ambil PPD baru,” ujarnya usai melantik.

Ia menjelaskan, usai dilantik PPD sudah mulai bekerja dan kontraknya akan selesai k 2 bulan setelah Pilkada. Untuk kerjanya PPD akan melakukan evaluasi dan membuat laporan setiap tahapan penyelenggara pilkada di wilayah kerjanya, melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan pilkada kepada masyarakat, melaksanakan tugas lain dari KPU, dan menerima daftar pemilih tambahan dari PPS.

“Dua bulan usai pemilihan, masa kerja PPD juga selesai, dan untuk hak-haknya jelas sudah kami hitung mulai dari pelantikan,” jelasnya.

Setelah pelantikan 89 anggota PPD, pihaknya akan memberikan bimbingan teknis (bimtek), untuk mengetahui tugas pokok dan fungsi (tupoksi) pada saat Pilkada Serentak 2024.

“Kami berharap PPD setelah mengikuti Bimtek bisa menjalankan tugas dengan baik,” imbuhnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi