SALAM PAPUA (TIMIKA) – Malam itu sungguh meriah saat Janella Liora Le’Amor Amungin Manurung tampil memukau dengan suara khasnya pada Festival Warisan Nusantara di Hatyai Thailand, Sabtu (11/5/2024), yang diselenggarakan oleh Pilita Mice Indonesia bersama Konsulat Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand.

Gadis cantik asal Timika yang akrab disapa Oya ini dipilih dan diundang untuk tampil di Hatyai Thailand sebagai delegasi budaya mewakili Papua melalui seni suara.

Liora mengawali performanya dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya ketika acara dimulai sekitar pukul 07.00 malam waktu setempat.

Kemudian Liora diminta panitia untuk bernyanyi lagu “Saving All My Love For You” pada saat peragaan busana tradisional, dilanjutkan solo performance dengan membawakan lagu ciptaan Stephen Wally berjudul “Tatinggal di Papua” yang membuat para hadirin makin bangga akan keberagaman budaya Indonesia. Di lagu ini Liora membuka dengan nada-nada khas Papua dan lirik bahasa Amungme “Amole” yang membuat nuansa Papua makin kuat.

Di saat penutupan acara, Liora menyanyikan lagu “Maumere” yang disambut kemeriahan di dalam ruangan acara, dimana Konsulat Jenderal (Konjen) RI untuk Kerajaan Thailand Suargana Pringganu bersama Istri, seluruh pengisi acara, dan semua tamu undangan yang hadir ikut bergoyang. Belum puas bergoyang dan bersukacita, Liora pun kemudian membawakan lagu “Insos Kofiau” dan lagu “Sajojo” sebagai request dari Istri Konjen RI, serta diakhiri dengan lagu bergenre dangdut yang berjudul “Rungkad”.

Liora mengaku sangat senang dan bangga bisa mewakili Papua di Thailand.

“Mungkin saya secara fisik bukan Papua tapi hati saya sangat Papua. Saya lahir-besar di Timika dan Papa saya lahir Kampung Waa, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, yang dikenal orang sebagai Anak Gunung Tembagapura (AguTe). Tete atau opung Papi (Opa) Manurung pun sejak tahun 1969 sudah melayani di Papua. Jadi saya bersyukur sekali bisa membawa nama Papua ke luar Negeri. Semoga para tamu undangan terhibur,” tuturnya.

Liora mengungkapkan rasa syukurnya kepada Tuhan atas talenta “olah vokal” yang telah dianugerahkan dan juga kepada orang tua, keluarga besar dan semua pihak yang selalu memberi support kepadanya.

“Saya mau berterima kasih buat Tuhan Yesus, mau senangkan hati Tuhan melalui telenta yang Tuhan sudah kasih. Makasih juga buat Papa, Mama dan semua keluarga besar Manurung, Timotheus, Natkime, Gultom dan Van Gemert yang selalu dukung Oya. Juga buat aunty Selly dan Gisell yang khusus berangkat ke Thailand untuk support Oya, love you bangetlah. Buat tante Agis dan om Itho yang selalu mau kasih waktu untuk ajar dan bimbing Oya nyanyi, makasih banyak. Tidak lupa juga buat guru-guru di Kalam Kudus Timika yang selalu support dan kasih izin bolos sekolah, juga buat teman-teman di Kalam Kudus, makasih banyak,” ujarnya.

Peraih Juara 1 pada Porseni tingkat SMP se-Kabupaten Mimika, Papua Tengah, pada tahun 2023 ini, kembali akan tampil pada gala dinner bersama Konjen RI untuk Kerajaan Thailand, pada Minggu (12/5/2024) waktu setempat.

Di samping itu, Liora juga akan tampil pada Singing Competition di Thailand mewakili Indonesia, dan di Taman Mini Jakarta pada 26 Mei 2024 mendatang.

“Minggu 12 Mei 2024 Oya masih harus performe di acara galla dinner dengan Konjen, dan ada yang buat kaget karena kata Mama mendadak Oya diminta untuk ikut singing competition di Thailand mewakili Indonesia. Yah.. semoga bisa bawa pulang predikat Juara 1 ke tanah Papua. Setelah kegiatan Oya akan kabarin lagi hasilnya ya, mohon doanya. Kalau Tuhan izinkan Oya juga akan ikut kompetisi di Taman Mini Jakarta tanggal 26 Mei. Oya sih gak terlalu pikirin Juara atau nggak, tapi lebih mau cari pengalaman saja,” tutupnya.

Penulis/Editor: Jimmy