SALAM PAPUA (TIMIKA) - Logo Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-30 se-Tanah Papua merupakan dua garis yang membentuk Alqur’an terbuka dan menyerupai Pulau Papua, ternyata didesain oleh Pemuda Gereja Kristen melalui sayembara yang digelar pada Bulan Februari 2024, dan diumumkan hasilnya pada acara penutupan MTQ Kabupaten Mimika 1 Maret 2024 lalu.

Pemenang sayembara tersebut atas nama Restu Andry, pria kelahiran Makassar, 21 November 1984. Sekretaris Umum Panitia MTQ ke-30 Tingkat Provinsi se-Tanah Papua, Abdul Syakir, SPdi menjelaskan, icon logo MTQ telah ditentukan pada pemenang sayembara desain logo MTQ beberapa waktu lalu, dimana logo tersebut merupakan dua garis yang membentuk Alqur’an terbuka dan menyerupai Pulau Papua. Kemudian siluet Kubah Masjid Agung Babussalam dan adanya gari-garis yang menyiratkan kontur alam Timika yang berada di bawah Gunung Nemangkawi, sedangkan warna kuning pada logo melambangkan kemakmuran.

“Logo tersebut sangat menggambarkan Kota Timika di mana Timika merupakan penghasil emas terbesar di dunia. Logo tersebut juga melambangkan bahwa perlombaan MTQ ke-30 se-Papua akan dilaksanakan di Mimika,” ujarnya saat rapat bersama tokoh lintas agama di Sekretariat Panitia di Jalan Hasanuddin, Senin (27/5/2024) siang.

Ia menjelaskan, dalam logo tersebut juga ada Patung Mbitoro, dimana patung ini merupakan karya seni ukir dari Suku Kamoro, yang dibuat dari batang dan akar pohon bakau.

“Pada logo tulisan MTQ juga dibuat bertekstur ukiran khas Suku Kamoro. Ini menandakan Kabupaten Mimika sebagai tempat dilaksanakan festival keagaamaan Islam Indonesia se-Tanah Papua ini,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi