SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pos Damkar milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika yang berada di SP 2, Timika ini difungsikan, empat mobil pemadam kebakaran telah standby siap melayani untuk mengantisipasi kejadian yang tidak terduga.

Kepala BPBD Kabupaten Mimika, Moses Yarangga menjelaskan, Pos Damkar SP 2 ini tepatnya berada di samping Kantor Dinas Peternakan (Disnak) Mimika, telah difungsikan dari 1 bulan yang lalu, agar mempermudah dan mempercepat penanganan bila terjadi bencana di area SP.

“Kami siapkan empat mobil pemadam kebakaran di sana, 1 mobil kapasitas 10 ribu liter, 1 mobil kapasitas 8 ribu liter, 5 ribu liter dan 3 ribu liter. Kita aktifkan sehingga masyarakat bisa mendapatkan penanganan cepat,” ujarnya saat ditemui salampapua.com, Kamis (16/5/2024).

Ia menjelaskan, dengan adanya pos baru di SP 2 maka BPBD Mimika kini memiliki 2 pos Damkar yang aktif. Dan setiap pos terdapat 7-8 petugas yang standby berjaga, meskipun selama menempati pos baru, hingga saat ini belum ada bencana yang ditangani Damkar.

“Pos kita sudah 2 di Pasar Lama Timika satu, satunya lagi di SP 2, puji Tuhan sudah satu bulan kita aktifkan belum ada kejadian penanganan. Kita tidak minta-minta adanya bencana, namun yang jelas kami siap dalam pelayanan,” jelasnya.

Moses mengungkapkan jika saat ini BPBD Mimika sedang melakukan koordinasi dengan pihak Distrik Pedalaman, meminta meminta Kepala Distrik menyiapkan dua relawan.

“Kami berharap usulan permintaan speedboat dapat diterima. Jadi saat kami melakukan sosialisasi penanganan bencana di wilayah pesisir, tidak menyewa lagi. Sosialisasi ini penting untuk setiap distrik kami lakukan, jadi saat ada relawan distrik, penanganan cepat dilakukan,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi