SALAM PAPUA (TIMIKA) - Puskesmas Mimika Timur (Miktim), Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah rutin layani Posyandu bayi, balita dan lansia yang ada di Kekwa penyeberangan, yang dilakukan pada Minggu kedua setiap bulan. 

Kepala Puskesmas Miktim, Ona Bunga menyebutkan, bahwa timnya rutin lakukan  kunjungan langsung untuk posyandu bayi, balita,  ibu hamil, Lansia, posyandu PTM, serta  pengobatan umum yang langsung diperiksa oleh dokter.

"Kekwa penyeberangan merupakan bagian dari wilayah Puskesmas Miktim yang agak susah mendapatkan layanan, karena mereka harus menyeberang ke kawasan LS Poumako. Hari ini ada 29 bayi dan balita, empat ibu hamil, tiga yang baru dan satu orang yang kunjungan ulang. 3 orang Lansia dan dua orang PTM. Ada juga satu orang ibu yang KB nifas dan 25 orang yang pengobatan," ungkap Ona, Sabtu (18/5/2024). 

Untuk pengobatan, juga dilakukan pemeriksaan TBC, HIV, IMS, batuk dan pilek serta HBsAg untuk  mendeteksi Hepatitis B. 

Setiap kunjungan selalu ditemukan pasien malaria melalui screening, sedangkan untuk pasien TBC ada yang putus obat, karena selalu berpindah-pindah tempat tinggal.

"Selain kunjungan langsung pada hari Sabtu, petugas  kami juga  ditempatkan di kawasan LS dan Perikanan Poumako  Poumako," tutupnya. 

Penulis: Acik

Editor: Sianturi

Editor: Sianturi