SALAM PAPUA (TIMIKA) - Hujan deras yang mengguyur sejak sore hari pada 10 Juni 2024 hingga pagi hari 11 Juni 2024 mengakibatkan meluapnya kali Piuga di SP5, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika.

Meluapnya kali Piuga yang dimulai pukul 04.00 WIT subuh ini mengakibatkan puluhan rumah warga yang tersebar di 13 RT di Kampung Iwaka, kompleks Rumah Sepuluh,  dan di kelurahan Limau Asri SP5 terendam banjir. Luapan banjir juga menutup jalan sehingga memutus akses lalu lintas dari arah Timika ke SP5 ataupun sebaliknya.

"Banjir ini dimulai subuh tadi sehingga kondisinya seperti ini, jalanan terputus dan seluruh rumah warga terendam banjir," ungkap Kepala Distrik Iwaka, Linus Dolame, Selasa (11/6/2024).

Linus menyampaikan bahwa Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Mimika Robert Mayaut telah melihat lokasi kejadian dan diputuskan untuk melakukan normalisasi sungai Piuga secepatnya.

"Kepala PUPR sudah datang dan hari ini juga alat berat akan lakukan normalisasi kali Piuga," katanya.

Menurut Linus, luapan kali Piuga sering terjadi setiap tahun. Bukan hanya di wilayah SP5 yang selalu terendam banjir tapi juga terjadi di wilayah lainnya seperti SP6, SP9, Iwaka Dalam dan wilayah sekitarnya.

"Ini sudah terjadi setiap tahun," katanya.

Sementara salah satu warga, Litianus mengaku baja rumahnya ikut tenggelam. Saat subuh hari, arus sungai mulai meluap dan menghancurkan tanaman di setiap kebun termasuk rumah warga.

"Tadi subuh air naik sebatas pinggang orang dewasa, jalanan juga ditutup banjir," kata Litianus.

Pantauan salampapua.com, hingga pukul 13.15 WIT, genangan air di rumah warga dan di jalan masih belum surut.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy