SALAM PAPUA (TIMIKA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan tiga Perguruan Tinggi Swasta di Timika yakni STIE Jambatan Bulan, STKIP Hermon, dan Politeknik Amamapare tentang Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Bidang Kepemiluan dan Pendidikan Demokrasi.

Penandatangan nota kesepahaman ini dihadiri Koordinator Divisi (Koordiv) Hukum KPU Mimika Hironimus Ladoangin Kia Ruma, Koordiv Data KPU Mimika Budiono, para pimpinan 3 PTS, Forkopimda, dan beberapa tamu undangan lainnya, yang berlangsung di ruang pertemuan di Hotel Horison Ultima Timika, Selasa (11/6/2024).

Mewakili Ketua KPU Mimika Dete Abugau, Koordiv Hukum KPU Mimika Hironimus Kia Ruma dalam sambutannya mengatakan bahwa perspektif dari berbagai keilmuan penting bagi KPU, agar dalam menyelenggarakan Pilkada nantinya menjadi semakin baik dan terarah.

Melalui kerja sama ini diharapakan dapat memberikan perubahan yang signifikan, dan KPU juga mengajak semua stakeholder untuk bersama-sama dapat menyumbangkan pikiran dan tenaga dalam menyukseskan Pilkada serentak 2024.

“Sukses Pilkada bukan saja menjadi tanggung jawab KPU tetapi semua lembaga.  Begitupun kampus sebagai lembaga akademis dapat memberi dukungan dari sisi akademis melalui Tridharma Perguruan Tinggi dalam bentuk kepemiluan dan pendidikan demokrasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua STKIP Hermon Timika, Densemina Yunita Wabdaron,M.Pd menyampaikan terima kasihnya kepada KPU yang telah memberikan kepercayaan kepada kampus untuk bersama-sama membantu dalam pelaksanaan Pilkada. Diharapkan dari kolaborasi  ini dapat mewujudkan Pilkada yang damai dan sukses.

“Kami akan bersama dengan KPU menerima tangung jawab namun tetap kami akan meminta pendampingan dan arahan dari KPU untuk pendataan, ini hal yang sangat penting,” tuturnya.

Ketua STIE Jambatan Bulan, Tharsisius Pabendon,M.M mengatakan, kerjasama ini merupakan langkah positif dan baik yang diambil oleh KPU, yang telah memberikan kepercayaan kepada perguruan tinggi di Mimika.

“Mudah-mudahan kami bisa bersama-sama dengan KPU untuk mendukung suksesnya Pilkada 2024 dan kehadiran kami juga bisa memberikan kemudahan bagi KPU,” ungkapnya.

Sedangkan Direktur Politeknik Amamapare Timika, Ir. Herman Dumatubun,M.T mengungkapkan bahwa dengan kerja sama ini dapat menjadi salah satu cara untuk memberi jalan keluar atas persoalan-persoalan klasik yang sering terjadi saat Pemilu dan diharapkan hal tersebut tidak terjadi lagi pada Pilkada serentak 2024.

Di samping itu, Herman juga menyampaikan terima kasihnya kepada KPU Mimika yang telah melihat dan mengajak kampus di Timika untuk berkolaborasi dalam bidang pendidikan politik. Diharapkan agar pemerintah daerah, instansi, lembaga dan perusahaan di Kabupaten Mimika juga dapat turut berkolaborasi dengan kampus-kampus di Timika dalam mendukung pengembangan berbagai sendi di Kabupaten Mimika.

“Ini langkah yang tepat yang dilakukan KPU Mimika, dimana kita bersama-sama dapat meminimalisir dan bahkan meniadakan potensi-potensi pelanggaran pada pelaksanaan Pilkada 2024 nanti. Tentu kita berharap pesta demokrasi ini bisa berjalan lancar dan sukses digelar,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy