SALAM PAPUA (TIMIKA) - Libatkan 11 Puskesmas, hingga hari ini, Kamis (6/6/2024), pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kabupaten Mimika, Papua Tengah, mencapai 41 persen.

Kadinkes Kabupaten Mimika Reynold Rizal Ubra melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Obet Tekege mengatakan bahwa cakupan imunisasi polio putaran pertama telah mencapai 41 persen dari target sasaran 55.570 anak.

“Sampai tanggal 6 Juni 2024 kemarin PIN Polio telah mencapai 41 persen yang sebelumnya capaian di tanggal 5 Juni adalah 36 persen,” ujarnya saat ditemui di Puskesmas Pasar Sentral Timika, Jumat (7/6/2024).

Ia menjelaskan, capaian merupakan koordinasi bersama 11 Kepala Puskesmas dan kepala Kelurahan, yang mana pihak Kelurahan ikut aktif dalam menyosialisasikan Imunisasi Polio kepada masyarakat.

“Jadi kita minta Kelurahan juga aktif dalam menyosialisasikan PIN Polio kepada masyarakat, sehingga kami bisa mencapai 41 persen,” jelasnya.

Untuk kasus anak yang terkena Polio kondisinya telah mulai menunjukkan kemajuan yang signifikan, dimana yang tadinya tidak bisa berjalan, setelah dirawat sudah bisa berjalan sedikit demi sedikit.

“Anak tersebut telah ditangani di Puskesmas Karang Senang, SP 3, yang diberikan perawatan dan penanganan serta dilakukan terapi di RSUD dengan jadwal satu minggu satu kali,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam PIN Polio ini tim Imunisasi menemukan kesulitan pada orang tua yang bekerja, dimana saat jadwal Imunisasi, anaknya tidak ditemukan di tempat tinggalnya.

“Nah ini orang tua pergi kerja bawa anaknya, jadi kita tidak temukan anak tersebut. Kami berharap orang tua bisa memahami imunisasi ini sangat penting diberikan kepada anak-anak usia 0-7 tahun, untuk menjaga dan mencegah anak-anak terkena virus Polio,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy