SALAM PAPUA (TIMIKA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika akan laksanakan Peluncuran Tahapan Pemilu Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika Tahun 2024, yang dilaksanakan 29 Juni 2024 di Jalan WR Soepratman tembusan Irigasi, tepatnya di lapangan samping Kantor Satlantas Polres Mimika.

Ketua KPU Mimika, Dete Abugau menjelaskan, peluncuran ini dilaksanakan untuk diketahui oleh masyarakat luas, baik di pesisir maupun pegunungan. Peluncuran ini dimeriahkan oleh beberapa artis ibu kota, yakni Mace Purba, Justin Ardin dan Toton Caribo, Willyano, Doddie Latuharhary serta dua Joki, yakni DJ Andy Jrx dan FDJ Tata Bramasta.

"Dengan peluncuran ini masyarakat bisa tahu bahwa tahapan pemilu untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mimika dimulai, sehingga masyarakat pun mulai menentukan pasangan yang diinginkan, atau sesuai hati nurani," kata Dete saat konferensi pers di salah satu cafe di Jalan Budi Utomo, Jumat (28/6/2024).

Selain peluncuran, ajakan kepada masyarakat juga telah dilakukan melalui maskot dan jingle. Maskot dan jingle ini telah tersebar ke seluruh pelosok pesisir dan pegunungan Mimika, dengan demikian bisa dipastikan bahwa seluruh masyarakat telah mengetahui dan siap berpartisipasi dalam pemilu.

Untuk peluncuran bagi masyarakat pesisir dan pegunungan juga telah disampaikan melalui tokoh-tokoh, gereja-gereja dan lembaga adat.

"Sebetulnya sosialisasi ke pesisir dan pegunungan itu sudah dilakukan dengan menggandeng seluruh tokoh dan lembaga masyarakat," ujar Dete.

Diharapkan seluruh masyarakat Mimika bisa hadir dalam peluncuran ini, sehingga masyarakat lebih tahu bahwa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Gubernur dan Wakil Gubernur akan dilaksanakan, 27 November 2024.

Keterlibatan masyarakat dalam memeriahkan pesta demokrasi ini sangat penting, sebagai penentu calon pemimpin yang bisa membangun Mimika dan Papua. Dengan demikian, tahapan demi tahapan harus diketahui sehingga pesta rakyat bisa terselenggara aman.

"Masyarakat jaman sekarang sangat antusias dalam memeriahkan pesta demokrasi Indonesia. Demikian juga diharapkan masyarakat Mimika juga bisa berpartisipasi," ajak Dete.

Dalam kesempatan itu, Dete juga sampaikan terima kasih kepada seluruh media di Mimika yang selalu memberitakan perkembangan tahapan Pemilu.

 Sementara itu Komisioner KPU Mimika Divisi Hukum, Hironimus Kiaruma sampaikan, konsep pelaksanaan peluncuran ini agak meriah, karena Mimika merupakan kabupaten di Provinsi Papua Tengah yang melakukan peluncuran Tahapan Pemilu.

Sosialisasi ini sangat penting dilakukan, mengingat Pilkada dan Pemilu dilaksanakan dalam waktu yang berdekatan sehingga kemungkinan banyak terjadi hiruk-pikuk. Dengan demikian, melalui peluncuran ini bisa mengajak kepada seluruh masyarakat sehingga bisa berpartisipasi, dengan memahami hak dan kewajibannya demi terlaksananya Pemilu yang aman dan damai.

"Konsepnya memang harus meriah, karena ini sebagai ajakan bagi masyarakat luas. Karena pelaksanaan pemilu yang aman itu bukan hanya tanggung jawab KPU, tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat," kata Hiro.

Konferensi pers ini dihadiri oleh Koordinator Divisi (Koodiv) Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika, Budiono, Komisioner Divisi Teknis KPU Mimika, Fransiskus Xaverius Ama Bebe Bahy, dan Koordinator Divisi (Koordiv) SDM KPU Mimika, Delince Somou, yang juga menyampaikan hal yang sama, yaitu terkait peluncuran Tahapan Pemilu Bupati Dan Wakil Bupati di Kabupaten Mimika 2024.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi