SALAM PAPUA (TIMIKA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika membuka posko di kampung Iwaka, Distrik Iwaka, untuk penanggulangan korban banjir akibat luapan kali Piuga yang terjadi pada Selasa subuh (11/6/2024).

Kepala BPBD Mimika, Moses Yarangga mengatakan bahwa setelah menerima laporan tim BPBP langsung meluncur ke TKP dan mendata jumlah warga yang terkena dampak luapan kali tersebut.

"Sekitar jam 1 siang tim kami sudah buka Posko di Iwaka," kata Moses kepada salampapua.com melalui sambungan telepon.

Moses mengungkapkan bahwa pendataan langsung ke lokasi harus dilakukan demi keakuratan data dan selanjutnya menentukan langkah.

"Jika banjir terus terjadi maka akan diupayakan evakuasi seluruh masyarakat yang terdampak ke tempat yang aman," ujarnya.

Berdasarkan data sementara, terdapat 245 kepala keluarga (KK) dan 1.653 jiwa yang tersebar di lima RT di Kampung Iwaka Lama. Sedangkan di kampung Limau Asri terdapat 29 KK dan 245 jiwa yang berada di RT 3.

"Itu data sementara tapi tim kami tetap standby di lokasi, baik di Iwaka maupun di Limau Asri," ujarnya.

Pantauan salampapua.com, hingga pukul 18.01 WIT, sejumlah rumah warga di RT3 Limau Asri masih digenangi air sebatas pinggang orang dewasa, demikian juga arus lalu lintas nampak macet akibat luapan air yang menutupi di beberapa titik.

Selain di Iwaka dan Limau Asri, banjir juga melanda Kampung SP9 dan diinformasikan belasan rumah warga yang terendam.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy