SALAM PAPUA (TIMIKA) - Warga yang menjadi korban kebakaran hebat di Jalan Ki Hadjar Dewantara, tepatnya di kompleks belakang bengkel sepeda Sopoyono bungkam soal penyebab utama dalam peristiwa nahas yang terjadi sekira pukul 14.30 WIT, Jumat (7/6/2024).

Adapun beberapa warga saling menuding penyebab kebakaran bahwa api bersumber dari kompor yang meledak di dalam salah satu rumah. Sementara warga lainnya menduga api bersumber dari rumah yang disinyalir menampung bahan bakar menyala (BBM).

"Kita hanya bisa saling menduga saja, soalnya tidak ada yang mau mengaku jujur," ungkap seorang warga.

Sementara Kapolsek Mimika Baru (Miru), AKP Jai Limbong mengungkapkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan pihaknya akan menyelidiki penyebab utama kebakaran tersebut. Namun yang pasti sumber api berasal dari pemukiman warga di belakang bengkel sepeda Sopoyono, kemudian karena angin yang kencang sehingga api merambat ke ruko pedagang yang berhadapan dengan Bank Papua di Jalan Yos Sudarso.

"Tim kami sementara lakukan penyelidikan sebab terjadinya kebakaran," jelas AKP Limbong.

Disebutkan, berdasarkan keterangan warga, yang terbakar adalah 7 petakan atau kos-kosan permanen dan 21 rumah berkonstruksi kayu.

Di samping itu, hingga saat ini polisi belum dapat memastikan total kerugiannya.

"Kami akan data ke semua korban untuk mengetahui kerugiannya," ujarnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy