SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mimika menggelar sosialisasi bagi kampung dan kelurahan peduli anak se-Distrik Kota Timika. Distrik Kota yang dimaksud yaitu Distrik Wania, Kwamki Narama dan Distrik Mimika Baru, yang dilaksanakan di Hotel Grand Tembaga, Kamis (18/7/2024).

Kepala Dinsos Kabupaten Mimika, Petrus Yumte melalui Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, Jenny Padalingan menjelaskan, kegiatan ini merupakan sosialisasi Kampung Peduli Anak, dan kegiatan ini telah dilakukan dari tahun lalu. Dimana tahun lalu Dinsos melakukan pendataan anak di lokus 20 kampung pada 3 wilayah distrik kota.

“Kita fokuskan pada distrik kota dulu, karena masih banyak anak yang kurang mendapatkan perhatian,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Jenny, Dinsos akan melakukan program yang mendukung kegiatan Kampung Peduli Anak, tujuannya adalah supaya tercipta lingkungan berbasis kampung atau kelurahan. Di mana anak-anak bisa bertumbuh dengan optimal, bebas dari kekerasan kemudian bisa mengakses pendidikan dan kesehatan yang layak.

“Jadi program ini kami Dinsos memberikan pendmpingan dengan cara menempatkan kader-kader di setiap kampung dan kelurahan. Program yang akan diberikan yaitu kelas belajar, kemudian wadah untuk olahraga dan juga akan ada bantuan-bantuan,” jelasnya.

Menurutnya, dari pendataan yang dilakukan, paling banyak wilayah Kelurahan Kebun Siri, Distrik Mimika Baru yang terdapat anak-anak kurang diperhatikan. Bukan hanya kelas belajar yang diberikan kepada anak-anak, namun apabila ada anak-anak usia kerja namun tidak diperhatikan, maka Dinsos akan mendorong data tersebut ke Disnaker untuk mendapatkan pelatihan kerja.

“Memang agak sulit kami lakukan pendataan, karena banyak yang menolak. Namun kami terus melakukan pendekatan dan pendampingan serta sosialisasi kepad orang tua, sehingga dapat menerima program ini,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi