SALAM PAPUA (TIMIKA) - Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) kembali membentuk Kelompok Kerja (Pokja) tahun 2024 di Kampung Mafasimamo, Distrik Agimuga, yang dilaksanakan di Balai Kampung Mafasimamo, Selasa (17/9/2024).

Anggaran Pokja 2024 ini sebesar Rp 300 juta, dengan rincian Rp 60 juta anggaran operasional, Rp 240 juta anggaaran digunakan untuk menjalankan program, dan akan difokuskan dengan pembuatan jalan rel dari perbatasan Kampung Mafasimamo ke Kampung Fakafuku.

Kepala Kampung Mafasimamo, Hugo Amenao mengatakan, setelah melakukan perundingan bersama semua masyarakat Kampung, ditetapkan pengurus Pokja 2024 yaitu ketuanya Thommi Tafama.

“Setelah melakukan perundingan kami tetapkan pengurus 2023 kembali ditetapkan sebagai pengurus Pokja 2024, yaitu ketuanya Thommi Tafama,” ujarnya.

Menurutnya, penetapan ini dilakukan karena pengurus Pokja tahun 2023 melakukan pekerjaan sesuai dengan apa yang diharapkan warga Kampung Mafasimamo.

Ketua Pokja, Thommi Tafama menjelaskan, pemfokusan pembangunan jalan rel ini sangat dibutuhkan masyarakat. Dikarenakan akses masyarakat ke Kampung Fakafuku sangat terbatas.

“Kita sangat butuh jalan ini karena di sini tidak ada sekolah, jadi anak-anak SD sekolah di Kampung Fakafuku, tapi jalan jelek jadi anak-anak sering jatuh sampai buku-buku rusak kena lumpur,” ucapnya.

Selanjutnya, Staf Divisi Ekonomi YPMAK, Irma Siep mengatakan, karena program sudah ditetapkan, maka selanjutnya Pokja harus melakukan pekerjaan sesuai program yang ditetapkan bersama.

Dimana programnya juga akan dilakukan Pokja bersama masyarakat, dan diharapkan juga Pokja 2023 menyelesaikan Laporan Keterangan Pertangung Jawaban (LKPJ) sehingga pencairan dana 2024 dapat dilakukan.

“Saya berpesan Pokja setiap mengeluarkan anggaran untuk selalu dicatat. Jadi setiap pekerjaan memiliki laporannya. Laporan ini juga sebagai bentuk tanggungjawab Pokja kepada dana yang diberikan dari YPMAK,“ ujarnya.

Untuk diketahui, struktur Pokja Mafasimamo 2024 yaitu Ketua Pokja, Thommi Tafama, Sekretaris Pokja Piter Amenao, Bendahara Pokja Rafela Poway, Anggota I Novembery Ohatiami, Anggota II Tadius Tamapa.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi