SALAM PAPUA (TIMIKA) - Melihat maraknya anak-anak Timika yang main mercon spiritus, maka Kapolsek Mimika Baru (Miru), AKP Jai Limbong meminta agar orang tua wajib ikut mengawasi.

Mercon rakitan berbahan peledak spiritus menurut AKP Limbong, merupakan permainan anak-anak, akan tetapi suara ledakannya sangat meresahkan dan menggangu kenyamanan. Oleh karena itu, selama beberapa hari terakhir, Polsek Miru gencar patroli dan menyampaikan imbauan melalui Babinkantibmas. Namun, upaya polisi harus juga dibantu oleh masyarakat, khususnya orang tua dengan cara memberi pemahaman kepada anak-anaknya.

"Memang kita pahami yang bermain mercon spiritus adalah anak-anak, tetapi sangat meresahkan dan ledakannya membuat orang kaget. Jadi, kami minta kepada orang tua supaya bantu kami memberi pemahaman kepada anak-anaknya," pesan AKP Limbong, Senin (21/10/2024).

Permainan mercon spiritus ini bukan hanya mengganggu kenyamanan, tetapi bisa juga melukai tangan dan tubuh anak-anak yang main.

"Ada beberapa mercon yang anggota kami amankan, karena saat ada mobil patroli lewat, anak-anak itu langsung lari dan buang merconnya," ujarnya.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi