SALAM PAPUA (TIMIKA) - Tim Papua Football Academy (PFA) mendapat pengalaman baru berlatih di lapangan dengan ketinggian (elevasi) 2.000 mdpl, tepatnya di lapangan sepakbola Sporthall Tembagapura, Kabupaten Mimika, Selasa (22/10/2024).

Direktur Akademi PFA, Wolfgang Pikal mengatakan, pengalaman berlatih ini merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak PFA angkatan 2010. Pelatihan ini dianggap sebagai tantangan baru bagi anak-anak PFA, mulai dari menyesuaikan cuaca hingga oksigen.

“Ini pengalaman yang luar biasa bagi angkatan kedua dan bisa menjadi tantangan baru bagi mereka. Tujuan dari latihan ini agar anak-anak bisa berlatih bersama-sama dan juga sebagai hiburan anak-anak agar tidak jenuh,” ujarnya.

Menurutnya, di PFA, anak-anak lebih diajarkan tentang kedisplinan, namun tidak dengan tekanan, sebab pembelajaran dengan tekanan akan menghasilkan pemain yang tantrum.

“Kita didik anak-anak dengan kedisiplinan sehingga saat nantinya di luar mereka bisa menyesuaikan di tempat yang baru, agar ke depannya juga anak-anak sudah punya gambaran saat bergabung di club ataupun akademi lainnya,” ungkap Wolfgang.

Sementara Coach Kepala PFA, Ardiles Rumbiak menjelaskan, latihan dilakukan di dataran tinggi agar anak-anak dapat menyesuaikan diri dengan cuaca dingin, kemudian dengan oksigen yang menipis dapat memberikan pembelajaran lebih terkait pengaturan dalam bernafas.

“Kita lakukan latihan ini agar apabila suatu saat anak-anak bermain di Luar Negeri ataupun di mana saja, mereka bisa mengatur kemampuan mereka masing-masing,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, dengan adanya FPA ini bisa menjadi role model bagi pembina ataupun pelatih-pelatih lainnya sehingga ke depannya ada akademi yang lebih memperhatikan potensi usia dini.

“Kenapa kita harus mulai dari usia dini, karena kalau dasarnya sudah bagus maka ke depannya Papua akan menghasilkan pemain-pemain yang berkualitas dengan talenta jangka panjang,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy