SALAM PAPUA (TIMIKA) - Jenazah Calon Wakil Gubernur Papua Tengah, almarhum Ausilius You tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika pukul 09.00 WIT, Jumat (18/10/2024). Jenazah mantan Sekda Pemkab Kabupaten Mimika ini, disambut ribuan masyarakat Mimika dan langsung diantar ke rumah duka di SP 3, Kelurahan Karang Senang.

Calon Gubernur Papua Tengah, Wempi Wetipo menyampaikan duka yang mendalam atas kepergian almarhum Ausilius You.  Meninggalnya almarhum Ausilius menurut Wempi meninggalkan kesan duka yang sangat mendalam, karena almarhum tidak pernah merasa ada masalah dan kesulitan, tetapi selalu riang gembira. Almarhum selama hidupnya, tidak pernah menunjukkan raut wajah yang sedih dan merasa ada masalah. Bahkan, saat berdiskusi, Almarhum tidak pernah menunjukkan kesedihan atau keluhkan sakit.

"Hal itulah yang membuat kita sedih atas kepergian almarhum, karena almarhum sendiri tidak pernah menunjukan adanya masalah, sakit ataupun hal lainnya yang membuat orang di sekitar sedih," kata Wempi.

Almarhum Ausilius memberikan pengalaman yang luar biasa berharga, karena almarhum merupakan sosok yang tidak pernah lelah meski dalam kondisi apapun. Selama hidup dan mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Papua Tengah, almarhum  telah meletakan dasar yang baik, yang bertujuan untuk perubahan dan kesejahteraan Papua Tengah.

Karena itu, Wempi mengimbau kepada seluruh relawan yang selama ini berjuang bersama JWW-AYO agar tidak kehilangan arah. Tapi meski mati satu, pasti akan tumbuh 1000 pengganti yang akan meneruskan perjuangan yang telah dirintis almarhum Ausilius You.

"Saya sendiri juga kalau boleh jujur, tidak ikhlas atas kepergian almarhum, apalagi kami sedang berjuang maju pada Pilkada serentak ini. Saya dan almarhum selama ini sudah diskusi panjang untuk perubahan Papua Tengah, tetapi Tuhan berkehendak lain, maka saya akan terus berjuang," katanya.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi