SALAM PAPUA (TIMIKA) – Arus mudik lebaran Idul Fitri tahun 2023 di terminal bandara baru Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, mulai meningkat sejak tanggal 14 April 2023.

Hal ini disampaikan Kepala UPBU Bandara Baru Mozes Kilangin, Soekarjo saat ditemui salampapua.com, Senin (17/4/2023).

Dia mengungkapkan, peningkatan mulai terlihat, namun untuk kapasitas penumpang masih bisa tertampung di masing-masing maskapai yang ada. Jika lonjakan terus terjadi hingga H-1, maka pihaknya siap memberi izin penambahan Armada di masing-masing maskapai.

“Peningkatan sudah sejak tanggal 14 April tapi masih jauh lebih melonjak tahun lalu. Untuk saat ini lonjakan penumpang tergolong tidak terlalu, karena tidak ada penumpang yang kewalahan atau mengeluh tidak mendapat seat (pesawat),” ungkap Soekarjo.

Jumlah penumpang ada di setiap operator maskapai dan akan dilaporkan setelah penerbangan. Contohnya, untuk Batik Air di tanggal 16 April sebanyak 310 penumpang yang diangkut dari Timika, Lion Air mengangkut 365 penumpang, dan Sriwijaya mengangkut sebanyak 198 penumpang.

Lebih lanjut disampaikan, jumlah penerbangan setiap hari dari bandara Mozes Kilangin sebanyak 147 penerbangan, baik untuk penerbangan Timika ke daerah lain ataupun ke pedalaman-pedalaman Papua.

“Sekarang ini ada Smart Air, Rimbun Air, Batik Air, Lion Air, Sriwijaya Air dan beberapa maskapai lainnya melakukan penerbangan lebih dari satu kali perhari,” ujarnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy