SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ikatan Dokter Indonesia Cabang Mimika membatalkan upaya memfasilitasi Pemeriksaan Kesehatan Jiwa bagi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Kabupaten Mimika.

Ketua IDI Timika dr. Leonard Padede mengungkapkan bahwa hal tersebut didasari surat nomor 018/SM/IDI-TIM/IV/2023 yang ditujukan kepada Pimpinan Partai Politik Peserta Pemilu Kabupaten Mimika.

"Berdasarkan perkembangan situasi dan kondisi yang menimbulkan kekisruhan serta pro-kontra dalam pelaksanaan Pemeriksaan Kesehatan Jiwa Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), maka dengan ini IDI Cabang Timika dengan penuh pertimbangan membatalkan Pemeriksaan Kesehatan Jiwa Bacaleg,” ujarnya melalui sambungan telepon, Jumat (28/4/2023).

Dokter Leo mengatakan, para peserta yang telah mentransfer uang pendaftaran pemeriksaan akan dikembalikan ke rekening masing-masing.

"Jadi kami membatalkan pemeriksaan para Bacaleg di Mimika dan alasannya sudah tertera di dalam surat pemberitahuan itu. Kita tidak mau mengambil keputusan yang membuat keributan," tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, IDI cabang Timika berencana memfasilitasi pemeriksaan Bacaleg di Kabupaten Mimika dengan mendatangkan dokter spesialis jiwa dari RSJ Abepura, karena di Mimika sendiri belum mempunyai Dokter spesialis Jiwa.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy