SALAM PAPUA (TIMIKA) - Anggota Komisi C DPRD Mimika, Julian Salossa,S.Sos,M.Si mengatakan, demi meminimalisir angka pengangguran yang saat ini semakin meningkat di Mimika, Dewan akan mengusulkan Peraturan Daerah (Perda) terkait penerimaan kerja bagi masyarakat lokal.

“Terkait tenaga kerja di Timika kita perlu dorong adanya Perda, semua harus mendukung bagaimana anak-anak bangsa di Timika yang dipekerjakan, jangan perusahaan mengambil tenaga kerja dari luar saja,” ujar Julian saat ditemui di kantornya, Jumat (19/5/2023).

Julian menjelaskan bahwa keberadaan Perda tersebut sangat penting sebagai regulasi yang mengatur agar perusahaan di Mimika untuk dapat mempekerjakan masyarakat lokal, sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat daerah.

“Perda itu mengatur tentang formasi-formasi tenaga kerja harus yang diutamakan anak-anak asli (Papua) Mimika, mereka diberikan kesempatan dan diperhatikan Pemerintah. Pemerintah harus mendata mereka sehingga apabila perusahaan membutuhkan tenaga kerja, dinas terkait bisa langsung mengusulkan data-data mereka (tersebut),” ungkapnya.

Di samping itu, menurut Dia, pemerintah harus segera membuka Balai Latihan Kerja (BLK) sehingga anak-anak yang masih menganggur agar memiliki pekerjaan dan harus diberikan sertifikat yang dapat didorong sebagai data keperluan untuk melamar pekerjaan.

“Seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah dalam memberikan bekal-bekal kepada mereka untuk memasuki dunia kerja, sehingga bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan-perusahaan  yang membutuhkan tenaga kerja,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy