SALAM PAPUA (TIMIKA) - Aparat Gabungan Satgas Ops Damai Cartez dan Polres Kepulauan Yapen menggerebek markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Kepulauan Yapen di Kampung Ambaidiru, Distrik Kosiwo, serta menemukan 1 buah senjata api rakitan berbahan kayu menyerupai pistol, 1 buah pistol korek api merk P, dan 1 buah rompi warna loreng beserta puluhan barang bukti lainya termasuk bendera Bintang Kejora berukuran 25cm x 15cm.

Plh. Waka Ops Damai Cartenz, Kombes Pol. Joko Sulistio mengatakan, penggerebekan markas KKB di kampung Ambaidiru ini dalam rangka penindakan dan penegakan hukum terhadap KKB, yang mana diketahui beberapa waktu lalu telah melakukan tindakan kriminal dengan membakar alat berat (excavator) dan mengibarkan bendera Bintang Kejora pada tanggal 29 Mei 2023 lalu di kampung Woda, Distrik Rainbawi Kepulauan Yapen.

“Kami berhasil menemukan dan menyita senjata api rakitan dan puluhan barang bukti lainya,” tutur Kombes Sulistio.

Disampaikan bahwa dalam penggerebekan tersebut, tidak ada warga yang diamankan. Barang bukti yang telah disita sudah diserahkan kepada penyidik Polres Kepulauan Yapen untuk dilakukan penyelidikan dan pemeriksaan selanjutnya.

“Situasi keamanan di Kabupaten Kepulauan Yapen secara umum aman dan kondusif, tapi aparat keamanan terus meningkatakan patroli guna mencegah timbulnya gangguan-gangguan dari KKB yang dapat terdampak kepada aktivitas masyarakat,” jelasnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy