SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Mimika, Jacob Jantje Toisuta mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan pembinaan usia dini berpola asrama bagi anak-anak usia 13-15 tahun yang akan mengembangkan bakatnya di bidang olahraga bola kaki (sepakbola).

Jacob mengatakan, pembinaan usia dini ini merupakan bagian dari Tugas dan Pokok (Tupoksi) dari Disparbudpora, untuk itu pihaknya berencana akan mendorong anggaran pada APBD 2024 untuk pembangunan asrama, tepatnya di samping Stadion Wania Imipi SP1 Keluraha Wonosari Jaya.

“Saat ini lapangan stadion sedang dalam pembenahan, jadi nanti kalau soal anggaran pembangunan asrama kita akan dorong di APBD induk 2024,” ujarnya, Selasa (27/6/2023).

Di sisi lain, Dia mengungkapkan bahwa pada tanggal 12 Juli 2023, Disparbudpora akan melakukan seleksi pelatih, yang kemudian akan dilanjutkan dengan perekrutan 35 atlet.

“Kita akan gunakan 1 pelatih dan 1 Asisten. Seleksi dilakukan secara ketat, kami utamakan pelatih yang memiliki lisensi,” jelasnya.

Untuk perekrutan 35 atlet akan dilihat dari sisi umur, kesehatan jiwa dan rohani.

“Kita akan bina mereka sampai  lulus, yaitu tiga tahun lamanya, pasca itu kita berikan kesempatan untuk mengembangkan bakat mereka ke Persemi atau di tempat lain, yang terpenting kami sudah memberikan pembinaan, nantinya ilmu yang diperoleh bisa jadi bekal bagi mereka,” ujarnya.

Selain pembinaan di bidang bola kaki, Disparbudpora juga akan melakukan pembinaan usia dini di berbagai bidang lainnya, salah satunya Atletik.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy