SALAM PAPUA (TIMIKA) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mimika mengusulkan anggaran sebesar Rp 300 Miliar dalam APBD Perubahan tahun 2023 untuk melanjutkan program multiyears pekerjaan jalan SP2 ke SP5, Mayon dan Mile 32 tembusan Gorong-gorong.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Mimika, Aldi Padua merinci anggaran yang diusulkan untuk pekerjaan lanjutan jalan Mayon sebesar Rp 50 Miliar, jalan Mile 32 tembusan Gorong-gorong sebesar Rp 100 Miliar, dan jalan SP2 ke SP5 sebesar Rp 150 Miliar.

Berdasarkan kontrak multiyears, pekerjaan jalan di tiga titik itu akan berakhir Desember 2024.

“Pekerjaan jalan dari SP2 ke SP5 sudah mencapai 52%, jalan di Mayon mencapai 54% lebih, dan mile 32 ke Gorong-gorong mencapai 64%. Kita kejar supaya hingga Desember bisa mencapai 70% karena sudah kami masukan di APBD Perubahan,” ungkapnya, Senin (7/8/2023).

Dia mengungkapkan, untuk pekerjaan jalan SP2 tembusan SP5 dan Mayon sempat terkendala karena masalah lahan, sebab masih terdapat beberapa titik lahan warga yang terkena dampak pelebaran jalan belum dibayarkan. Demikian juga untuk bangunan tempat tinggal warga ataupun Ruko yang belum diperhitungkan untuk membayarnya. Kendala tersebut menyebabkan pekerjaan dilakukan secara sepotong-sepotong, dalam hal ini untuk titik yang belum terbayar terpaksa dilewati.

“Ada kendala lahan yang belum dibayarkan. Ada juga bangunan yang belum dihitung dan diganti kerugiannya. Untuk membebaskan lahan dan bangunan itu di Bidang Pertanahan yang akan membayar, sedangkan kerugian berupa pagar itu PUPR yang bayar,” tuturnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy