SALAM PAPUA (JAYAPURA) – Kombes Pol. Dr. Victor Dean Mackbon,S.H,S.I.K,M.H,M.Si mendapat kesempatan langka dan membanggakan saat terplih menjadi komandan upacara (Danup) penurunan Bendera pada HUT Kemerdekaan ke-78 RI di Istana Negara, Jakarta, Kamis sore (17/8/2023).

Seperti diberitakan salampapua.com sebelumnya, pria yang saat ini menjabat sebagai Kapolresta Jayapura, provinsi Papua, ini juga mendapat kepercayaan sebagai komandan upacara hari Bhayangkara ke-77 yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (1/7/2023), yang mana Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacaranya (Irup).

Kepada salampapua.com, Selasa (22/8/2023), salah satu personel terbaik POLRI alumni Akademi Kepolisian Tahun 2000 ini mengaku bangga dapat kembali dipercayakan menjadi Danup pada Upacara Penurunan Bendera di Istana Negara dalam momentum HUT ke-78 RI.

“Saya bangga dan bersyukur karena dapat mewakili institusi POLRI, khususnya Polda Papua, yang terpilih menjadi Danup di upacara penurunan bendera tersebut dari 8 personel terbaik di Indonesia yang berasal dari TNI AD, TNI AL, TNI AU dan POLRI, selain salah satu di antaranya juga terpilih sebagai Danup pada upacara pengibaran bendera. Tentunya dari persiapannya, kami sudah lakukan kurang-lebih 1 tahun,” ujarnya.

Pria kelahiran Manokwari, Papua Barat, dan yang menyelesaikan studi Doktor Hukumnya di Universitas Airlangga Surabaya tahun 2020 ini kembali memotivasi adik-adiknya asal Papua, bahwa orang Papua pasti bisa menjadi yang terbaik di bangsa ini.

“Papua pasti bisa, yang penting kita mau dan berkomitmen untuk terus belajar serta menampilkan prestasi-prestasi terbaik bagi bangsa, negara dan masyarakat Indonesia. Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan berprestasi,” tegasnya.

Victor pernah memegang sejumlah jabatan strategis di lingkup POLRI, seperti menjadi Kapolres di Polres Mimika, Kapolres Kabupaten Jayapura serta pernah ditugaskan institusi POLRI ke luar negeri seperti halnya pada UNAMID di Sudan, CoESPU di Italia, dan Course Forensic Crime and Crime Prevention di Korea Selatan.

Editor: Jimmy