SALAM PAPUA (TIMIKA) – Sebanyak 5 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Mimika begitu antusias mengikuti pertandingan ekshibisi Basketball U-15 yang diselenggarakn PT Freeport Indonesia yakni SMP YPJ Kuala Kencana, SMP Kalam Kudus, SMPN 2, SMP YPPK St Bernardus dan SMP Shining Star, yang awal pertandingannya diselenggarakan di Lapangan Basket Kuala Kencana, area operasi PT Freeport Indonesia, sejak 5 Agustus 2023.

Dalam laga Final yang digelar di Lapangan Basket GOR Mimika Sport Complex (MSC), Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Sabtu (12/8/2023), SMP YPJ Kuala Kencana berhasil mengangkat tropi Juara 1 setelah menumbangkan SMP Shining Star dengan poin akhir 41-29. Sementara pada pertandingan untuk memperebutkan Juara 3 di hari dan tempat yang sama, SMP Kalam Kudus berhasil mengalahkan SMPN 2 dengan poin akhir 56-39.

Manager Klub Golf Rimba Irian (KGRI) yang juga merupakan Ketua Panitia pertandingan tersebut, Budi Darmawan mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai ajang untuk mencari bibit-bibit pemain basket di Mimika.

“Kegiatan hari ini sebagai lanjutan dari lomba yang digelar saat pembukaan fasilitas olahraga di Kuala Kencana. Sengaja kita fokuskan ke U-15 untuk menjaring bibit-bibit muda, agar tumbuh karakter yang tangguh dan lebih mengembangkan bakat mereka,” ujarnya.

Budi mengungkapkan bahwa panitia awalnya mengundang semua sekolah di Mimika, tapi karena bersamaan dengan adanya kegiatan lain seperti persiapan Paskibra dan perayaan HUT RI ke-78 di setiap sekolah, sehingga hanya 5 SMP yang bisa mengikuti lomba tersebut.

“Jadi hanya 5 SMP yang bisa tampil. Kami berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan untuk menumbuhkembangkan bakat-bakat anak muda di Mimika,” harapnya.

Sementara itu, salah seorang siswa dari SMP Shining Star yang mengikuti lomba tersebut, Kenned Raturoma mengaku puas dan senang dapat mengikuti lomba Basket tersebut, yang mana dirinya mengaku baru pertama kali dapat bermain di GOR MSC.

“Kami biasa bermain di lapangan sekolah yang kecil. Jadi ini pengalaman yang luar biasa dan menjadi kenangan kami semua bisa bermain di GOR eks-PON. Harapan kami lomba seperti ini terus dilaksanakan,” tuturnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy