SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sebanyak 120 ASN Eselon III dan IV di lingkup Pemkab Mimika mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) yang diselenggarakan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mimika di hotel Cenderawasih 66 Timika, Senin (7/8/2023).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pj Bupati Mimika Valentinus S. Sumito,S.I.P,M.Si dan dihadiri Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta undangan lainnya.

Valentinus dalam sambutannya mengatakan, salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik dan kinerja ASN adalah dengan mengembangkan kompetensi baik kompetensi teknik, manajerial maupun kompetensi sosio-kultural bagi setiap pemangku jabatan, yakni pejabat administrator dan pejabat pengawas.

Kompetensi yang dilakukan saat ini adalah kompetensi manajerial berupa knowledge, skill dan attitude. Ini merupakan tiga hal yang paling dibutuhkan dalam diri seorang ASN.

"Kalau kita cerdas tapi kita tidak punya attitude, mohon maaf saja anda duduk di sebelah kiri dulu. Banyak kita orang pandai tapi tidak santun, itu sangat menyakitkan. Ada juga orang yang sangat santun, tapi akhirnya melupakan potensi yang ia miliki. Jadi semua harus berdambingan antara attitude dan keterampilan," ujarnya.

Tiga hal tersebut dapat diamati, diukur dan dikembangkan untuk memimpin atau mengelola organisasi sesuai amanat peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2020 pasal 217 ayat 5 sebagai perubahan dari peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil.

"Kegiatan kita ini adalah upaya untuk melakukan manajemen kepegawaian yang ada, bagaimana meningkatkan kualitas kompetensi ASN. Karena ini adalah kesempatan untuk menunjukkan kompetensi masing-masing. Terkadang kita cuma menganggap formalitas untuk syarat naik pangkat maupun jabatan. Kalau cuma itu yang dipikirkan maka nanti ada batasannya dan tidak akan berkembang dengan baik. Jadi saya berharap pelaksanaan pelatihan ini mampu membangun pemimpin yang memiliki level kompetensi kepemimpinan sesuai standar jabatan dalam upaya menjamin terlaksananya akuntabilitas jabatan administrator dan pengawas serta memiliki kemampuan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan,” tuturnya.

Sementara itu Kepala BKPSDM Mimika, Ananias Faot melalui Sekretaris BKPSDM Mimika Yulius Piligame mengatakan, dari 120 peserta dibagi menjadi dua yaitu Peserta PKA berasal dari 48 OPD sebanyak 60 orang sedangkan peserta PKP berasal dari 47 OPD sebanyak 60 orang.

"Narasumber/Widyaiswara dan Instruktur Penyelenggaraan Kegiatan PKA dan PKP ini adalah wujud Kerjasama antara BKPSDM Kabupaten Mimika dengan BKPSDM Provinsi Papua dengan Narasumber pada Tahun 2023 ini berasal dari BKPSDM Provinsi Papua," ujarnya.

Dikatakan, tujuan yang hendak dicapai dalam PKA dan PKP Kabupaten Mimika Tahun 2023 adalah untuk meningkatkan Kompetensi Kepemimpinan Visioner yaitu kemampuan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan strategis untuk menangani isu strategis daerah dan memimpin peningkatan kinerja instansinya.

Kemudian, untuk menjadi teladan bagi bawahan dan pemangku kepentingan dalam integritas, nasionalisme, standar etika publik nilai-nilai, norma, moralitas dan Tanggung Jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan, serta melakukan kolaborasi secara internal dan eksternal dalam mengelola tugas-tugas organisasi ke arah pencapaian tujuan pembangunan daerah dan visi instansinya.

Selanjutnya melakukan inovasi sesuai bidang tugasnya guna penetapan arah kebijakan yang lebih efektif dan efisien, dan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya manusia organisasinya dalam pencapaian arah kebijakan.

"Maksud penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan administrator dan pengawas adalah meningkatnya kompetensi kepemimpinan Pejabat Struktural Eselon II dan IV yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing pada lingkup Pemerintah Kabupaten Mimika," jelasnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy