SALAM PAPUA (TIMIKA) – Eltinus Omaleng secara resmi diaktifkan kembali sebagai Bupati Mimika dalam periode 2019-2024 berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri nomor 100.2.1.3-3640 tahun 2023 tentang pengaktifan kembali Bupati Mimika Provinsi Papua Tengah dan Pemberhentian Penjabat Bupati Mimika Provinsi Papua Tengah.

Pelaksanaan serah terima jabatan (Sertijab) dari Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng dilakukan oleh Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk, yang diselenggarakan di Graha Emeneme Yauware Timika, Senin (4/9/2023).

Valentinus Sudarjanto Sumito yang saat ini menjabat sebagai Direktur Penataan Daerah Otonomi Khusus dan Dewan Pertimbangan Otonomi Otonomi Daerah Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri RI dalam sambutannya mengatakan, momen ini sekaligus memberi jawaban bahwa kehadirin dirinya di Kabupaten Mimika yang sebelumnya menjabat sebagai Pj Bupati Mimika bukan untuk kepentingan tertentu melainkan agar semua proses pemerintahan di Kabupaten Mimika tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Valent pun berterima kasih kepada semua yang terlibat dalam lingkup Pemkab Mimika yang telah membantunya saat menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Mimika selama 2,5 bulan.

“Saya berterimakasih kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah bersama-sama mendampingi saya menjalani roda pemerintahan. Semua tidak bisa berjalan dengan baik kalau kita tidak bekerja bersama,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyampaikan terimakasih kepada mantan Pj Bupati Mimika yang telah menggantikan dirinya memimpin Kabupaten Mimika.

Bupati Omaleng juga mengungkapkan terima kasihnya kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Mendagri Tito Karnavian atas pengaktifan kembali dirinya sebagai Bupati Mimika.

Dia pun mengajak seluruh jajarannya di Pemkab Mimika terus bekerja dengan jujur agar visi dan misi untuk membangun Kabupaten Mimika dapat terlaksana.

“Saya mengajak kita semua untuk terus bekerja dengan baik dan jujur di atas tanah ini, sehingga apa yang menjadi visi dan misi kita bisa terlaksana. Anak Negeri itu Emas, Papua itu Emas. Terima kasih,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Pj Gubernur Provinsi Papua Tengah, Ribka Haluk dalam sambutannya mengatakan bahwa Eltinus Omaleng telah aktif kembali bertugas sebagai Bupati Mimika serta tuduhan atas dirinya telah dicabut dan dinyatakan tidak bersalah.

“Ini bisa menjadi pembelajaran bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Negara hukum, siapapun kita di Negara ini tidak ada yang kebal hukum, maka pak Eltinus diberhentikan sementara oleh hukum dan dengan hukum pula pak Eltinus diaktifkan kembali,” tuturnya.

Ribka memberi apresiasi atas yang telah dilakukan oleh Mendagri Tito Karnavian saat mengaktifkan kembali Eltinus Omaleng sebagai Bupati Mimika sebagai wujud dalam menjunjung tinggi supremasi hukum di Indonesia.

“Saya sebagai Penjabat Gubernur Provinsi Papua Tengah memiliki beban moril yang luar biasa, saya berpikir terus bagaimana cara. Dan pak Mendagri dengan jiwa kebapaannya, dengan jiwa profesionalisme, bisa melihat segala sesuatu secara positif. Jadi jika sebelum itu ada yang memiliki prasangka yang lain-lain, bahwa negara menyulitkan, bahwa pemerintah pusat menyulitkan, itu sebenarnya tidak. Seperti yang mantan Pj Bupati Mimika sampaikan, bahwa hari ini negara sudah mengembalikan hak dan wibawa Bapak Omaleng sebagai Bupati. Jadi Bapak Mendagri menitip pesan kepada kami bahwa kita harus tetap menjunjung tinggi supremasi hukum,” ungkapnya.

Wartawan: Evita/Jimmy

Editor: Jimmy