SALAM PAPUA (TIMIKA) - Bupati Mimika Eltinus Omaleng bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Mimika dan 18 Partai peserta Pemilu 2024 mendeklarasikan Pemilu Damai 2024, yang digelar di Gedung Emeneme Yauware Timika, Minggu (26/11/2023).

Usai pembacaan deklarasi yang dipimpin langsung Bupati Mimika tersebut, selanjutnya dilakukan penandatanganan pakta integritas sebagai bentuk komitmen mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024.

Deklarasi damai yang diprakarsai KPU dan Bawaslu Kabupaten Mimika ini mendapat apresiasi dari semua elemen. Tampak banyak simpatisan dari 18 Parpol, paguyuban, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang turut menandatangani pakta integritas, yang di dalamnya terdapat enam poin penting yaitu: 1. Siap Mengikuti dan menyukseskan Pemilu Tahun 2024 secara jujur, adil, santun dan bermartabat; 2. Siap bekerja sama dan mengawasi bersama penyelenggara Pemilu, untuk mencegah dan menghindari isu SARA, berita hoax dan ajakan yang bersifat provokasi; 3. Siap bekerja sama dengan aparat keamanan dalam hal ini TNI-Polri, untuk menjaga situasi daerah agar tetap selalu kondusif, aman dan damai pada pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Mimika; 4. Siap menerima keputusan dari penyelenggara tentang hasil Pemilu sesuai dengan peraturan KPU secara jujur, adil dan bermartabat; 5.Siap mewujudkan Pemilu 2024 di kabupaten Mimika berjalan secara baik dengan menolak praktik money politic yang akan merusak proses demokrasi secara utuh;  Dan 6. Siap Menolak politik identitas yang mengarah kepada ujaran kebencian.

Bupati  Mimika, Eltinus Omaleng dalam sambutannya mengajak seluruh elemen dan stakeholder di Kabupaten Mimika untuk sama-sama menjaga marwah pesta Demokrasi Pemilu Serentak 2024 mendatang.

"Saya titip kepada semua pihak, unsur penyelenggara, unsur TNI-Polri, Partai Politik, Pimpinan OPD seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama menjaga marwah Pemilu. Pemilu serentak 2024 memiliki potensi cukup berat dan tingkat kerawanan sehingga kita harus sama-sama dan berkomitmen untuk menyukseskan Pemilu dengan aman dan lancar,” ujarnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy