SALAM PAPUA (TIMIKA) - Panitia Pelaksana (Panpel) di bawah naungan Askab PSSI Mimika sukses menyelenggarakan kejuaraan Sepakbola Tim Putra-Putri dan Futsal Tim Putra-Putri untuk Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di 4 DOB Papua Raya.

Ketua Panpel, Suraya Madubun menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya event nasional sepakbola yang baru pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Mimika ini.

“Saya mewakili teman-teman panitia merasa bangga dan senang sekali karena event ini bisa terlaksana dengan aman dan lancar. Meskipun masih ada kekurangan, tetapi semua bisa diatasi dengan baik berkat kerjasama tim yang luar biasa dan juga keterlibatan berbagai pihak yang turut menyukseskan babak kualifikasi ini," ujarnya dalam rilis yang diterima salampapua.com, Selasa (30/1/2024).

Menurutnya, Papua Tengah, dalam hal ini Kabupaten Mimika, mendapat kehormatan sebagai tuan rumah BK PON XXI untuk cabang olahraga sepakbola putra-putri dan futsal putra-putri 4 DOB se-Papua Raya.

Pihaknya pun berterima kasih kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng, KONI Pusat, PSSI, KONI Provinsi Papua Tengah, Asprov PSSI Papua Tengah, Askab PSSI Mimika, KONI Mimika, Disparbudpora Mimika, Polres Mimika, Brimob Batalyon B, Dispol PP, Puskesmas Wania, Dishub Mimika, Damri serta seluruh panitia yang telah bekerja keras sehingga kegiatan tersebut sukses diselenggarakan.

"Kami mohon maaf jika masih terdapat kekurangan, baik itu pelayanan kepada kontingen atau tamu maupun kekurangan dalam penyelenggaraan. Semoga di kesempatan berikutnya kita bisa lebih sukses lagi, yaitu sukses penyelenggaraan dan juga sukses prestasi,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Umum Askab PSSI Mimika, Nalio Jangkup yang diwakili Raimondus A. Kelanangame turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada KONI Pusat dan PSSI yang telah mempercayakan Kabupaten Mimika sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan babak kualifikasi ini, yang mana semula direncanakan pada bulan Desember 2023 namun karena ada beberapa pertimbangan dari PSSI sehingga pelaksanaan mundur di bulan Januari 2024.

Di samping itu Ia juga mengatakan, untuk penyelenggaraan Piala Soeratin dan Piala Pertiwi di putaran Kabupaten maupun Provinsi serta Liga 3, Askab PSSI Mimika telah berkoordinasi dengan PSSI Pusat terkait fasilitas yang dimiliki Mimika. Karena itu ada beberapa catatan terkait dengan sumber daya manusia (SDM) perangkat pertandingan, seperti Match Committee (Match Comm), wasit dan pelatih-pelatih dari Papua Tengah yang ada di Mimika.

Hal ini agar ke depan Papua Tengah, khususnya Kabupaten Mimika, mampu menyelenggarakan event nasional dengan SDM lokal yang tidak kalah dengan SDM dari luar tanah Papua.

“Diharapkan ke depan sepakbola dan Futsal di Mimika lebih maju dengan adanya dukungan dari Pemerintah Daerah dan pihak swasta sehingga Askab PSSI Mimika dapat menggelar event-event pertandingaan sepakbola dan futsal, sehingga bibit-bibit baru akan muncul dari Kabupaten Mimika, Papua Tengah, untuk menjawab kebutuhan Tim Nasional Indonesia," tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy