SALAM PAPUA (TIMIKA) - Komisioner KPU Kabupaten Mimika Divisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat, Fidelis Piligame memastikan 60 persen pemilih pemula tidak akan memilih untuk Golput pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

“Kami yakin pemilih pemula yang kami berikan sosialisasi akan menggunakan hak pilihnya dengan baik,” ujarnya, Rabu (31/1/2024).

Disebut pemilih pemula karena pemilih yang berusia 17 tahun belum pernah mengikuti Pemilu dan ini merupakan kali pertama bagi mereka berpartisipasi dalam Pemilu.

“Sekarang anak-anak muda ini sudah paham bahwa suara mereka sangat berarti untuk membawa perubahan bagi Mimika. Kalau Golput berarti nasib mereka ditentukan oleh orang lain dan itu selalu kita sosialisasikan, kami yakin pemikiran mereka sangat luas," tuturnya.

Ia menjelaskan ada beberapa langkah yang KPU Mimika telah lakukan untuk menarik partisipasi Pemilih Pemula, salah satunya melakukan sosialisasi di berbagai sekolah SMA/SMK serta Perguruan Tinggi, yang mana program itu diberi nama KPU Go to School dan Go to Campus.

“Hampir semua SMA dan SMK telah kami datangi, Perguruan Tinggi di Timika pun telah kami kunjungi. Kita juga telah berkoordinasi dengan banyak pihak sehingga pemilih pemula dapat memahami bagaimana pentingnya satu suara mereka,” jelasnya.

KPU selama ini juga terus melakukan pemutahiran data, yang telah berjalan sejak tahun 2020 hingga pertengahan tahun 2023 untuk penetapan, yang tercatat sebagai pemilih pemula kurang lebih 60 persen karena sudah masuk sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Namun saat ditanya berapa jumlah keseluruhan pemilih pemula, Fidelis tidak dapat menjelaskan secara rinci.

“Kalau jumlahnya saya kurang copy, karena data itu kan ada di kantor, yang jelasnya 60 persen pemilih pemula sudah masuk DPT,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy