SALAM PAPUA (TIMIKA) – Pj Gubernur Papua Pegunungan, Dr. Velix Vernando Wanggai secara langsung menghadiri gala makan malam (dinner) bersama 97 kontingen Sepakbola Putra-Putri dan Futsal Putra-Putri perwakilan 8 Kabupaten dari Provinsi Papua Pegunungan yang akan berlaga pada pertandingan Pra-PON XXI di Kabupaten Mimika.

Gala dinner ini digelar di ruang pertemuan Hotel Cenderawasih 66 Timika, Selasa malam (23/1/2024).

Tampak hadir Asisten II Pemprov Papua Pegunungan Elia Giban, Kepala Dinas Olahraga, Pariwisata dan Pemuda Kreatif Papua Pegunungan Marthen Medlama, Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Cpn Athenius Murip, Manajemen Waanal Brothers FC (WBFC), Ketua MRP Papua Tengah Agus Anggaibak, Ketua KADIN Mimika Abraham Kateau dan tamu undangan lainnya.

Pj Gubernur Papua Pegunungan, Dr. Velix Vernando Wanggai dalam sambutannya memberikan motivasinya kepada puluhan atletnya bahwa hal ini merupakan sejarah karena untuk pertama kalinya Provinsi DOB Papua Pegunungan mengikuti turnamen di bidang olahraga.

Perjuangan mengikuti kualifikasi Pra-PON XXI Aceh ini bukan hanya dilakukan dalam satu atau dua hari saja, namun ini sebagai kelanjutan atas perjuangan dari senior-senior di bidang olahraga di tanah Papua. Sebab selama ini telah banyak senior-senior sepakbola yang berasal dari tanah Papua, di antaranya Aples Tecuari, Nelson Piter Rumaropen serta senior lainnya yang telah membawa nama Papua di kancah nasional bahkan internasional.

“Sampai saat ini ada nama Persiwa Wamena dan hari ini hadir kembali bibit baru yang siap membawa nama Papua Pegunungan. Ini bukti bahwa sepakbola adalah urat nadi orang Papua Pegunungan,” ungkapnya.

Kepada para atletnya, Velix menjelaskan bahwa sepakbola dan futsal pada Pra-PON ini bukan sekedar kompetisi untuk mendapatkan medali, tapi juga untuk membawa identitas dan martabat generasi Papua Pegunungan.

“Masyarakat Papua Pegunungan akan bangga melihat kalian semua ikut bertanding. Menjadi juara dalam sebuah turnamen hanyalah sebuah penghargaan, tetapi identitas dan martabat yang harus dijaga,” ujarnya.

Sementara itu Dandim 1702/Jayawijaya, Letkol Cpn Athenius Murip yang juga sebagai penanggung jawab kontingen Papua Pegunungan mengatakan, patut disyukuri atas upaya Pj Gubernur Velix Wanggai yang berkoordinasi dengan KONI pusat, sehingga Papua Pegunungan dapat ikut ambil bagian dalam babak kualifikasi PON XXI Aceh-Sumut.

Pria yang akrab disapa Athen ini mengatakan, meskipun Papua Pegunungan merupakan DOB yang baru dibentuk dalam setahun ini, tapi telah siap mengikuti turnamen dan sepakbola adalah urat nadi bagi orang Papua Pegunungan.

“Ibarat berperang, orang Papua Pegunungan ada targetnya. Sehingga target kita di Pra-PON ini adalah maju sampai menang,” ujarnya.

Sedangkan Sekretaris Pengurus Harian KONI Provinsi Papua Pegunungan, Herry Yohanes Purun mengungkapkan bahwa jumlah yang mengikuti pertandingan ini, untuk pemain sepakbola putra sebanyak 20 dan oficial 6 orang, sepakbola putri sebanyak 23 orang, Futsal putra sebanyak 14 pemain dan 6 oficial, serta Futsal putri sebanyak 14 orang dan 6 oficial.

“Selama pertandingan di Pra-PON ini, kami akan live streaming yang dapat disaksikan langsung oleh masyarakat di 8 kabupaten di Provinsi Papua Pegunungan,” ungkap Yohanes selaku pemandu acara gala dinner.

Pantauan salampapua.com, acara diakhiri dengan penyerahan jersey bagi kapten tim sepakbola putra dan putri serta kepada kapten futsal putra-putri oleh Pj Gubernur Papua Pegunungan Dr. Velix Vernando Wanggai.

Suasana keakraban dan saling memberi motivasi sangat terasa pada kegiatan tersebut.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy