SALAM PAPUA (TIMIKA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) menggelar kegiatan konsolidasi media dalam rangka penguatan pemberitaan hasil Pemilu tahun 2024, yang diselenggarakan di Warung Eyang Jalan Irigasi Timika, Kabupaten Mimika, Selasa (6/2/2024).

Kegiatan ini dihadiri perwakilan Bawaslu RI, Komisioner Bawaslu Provinsi Papua Tengah Mecky Tebay, Koordinator Divisi Pecegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Mimika Salahudin Renyaan, serta puluhan pimpinan media dan wartawan di Timika.

Komisioner Bawaslu Provinsi Papua Tengah, Mecky Tebay dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan kembali peran jurnalis dan media massa dalam pengawasan tahapan Pemilu 2024.

“Kita di sini untuk berdiskusi saling memberikan masukan menuju hari pemungutan suara untuk memberikan informasi proses tahapan Pemilu (kepada masyarakat). Karena anggota Bawaslu Mimika yang ini wajah-wajah baru, jadi masih perlu penyesuaian. Sehingga untuk wartawan-wartawan mohon dipahami, kalau ada masukan dan kritik bisa disampaikan,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Bidang Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Mimika, Salahudin Renyaan mengatakan, kemitraan dengan jurnalis dan media merupakan salah satu hal yang penting untuk menyukseskan Pemilu.

“Karena Bawaslu dengan media merupakan pilar dalam memperjuangkan demokrasi, jadi saya mengajak media untuk berpartisipasi dalam mengawal pesta demokrasi sehingga bisa berjalan dengan jujur, adil dan transparan,” harapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy