SALAM PAPUA (TIMIKA) - Bupati Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan, Elisa Kambu meminta seluruh warga berhenti mengonsumsi minuman keras (Miras) karena tidak bermanfaat dan hanya memberikan dampak yang merugikan.

"Kita tidak mau ada Miras dalam bentuk apapun apalagi Miras oplosan, karena dampaknya bisa menyebabkan orang meninggal dunia. Makanya diharapkan masyarakat untuk kurangi konsumsi Miras," ungkap Bupati Elisa saat dihubungi salampapua.com via telepon, Kamis (29/2/2024).

Bupati Elisa juga berharap agar kepolisian Kabupaten Asmat intens melalukan sweeping, namun harus didukung dengan kesadaran masyarakat sehingga tidak lagi korban karena Miras.

"Semua kembali kepada kesadaran masyarakat, kalau masyarakat sadar, maka hal terburuk itu tidak mungkin terjadi," jelasnya.

Sebelumnya diinformasikan adanya 4 warga Kabupaten Asmat yang meninggal dunia diduga usai menenggak Miras oplosan.

Bupati Elias juga membenarkan adanya peristiwa itu dan diingatkan agar masyarakat Asmat lebih waspada dan menjaga kesehatan dengan menjauhi Miras.

"Pas kejadian itu saya ada di Asmat, memang yang terjadi seperti itu, karena Miras itu datang dengan kapal dan warga langsung mengonsumsinya," tutupnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy