SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Mimika, Dwi Cholifa mengungkapkan bahwa karena adanya Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) tahun 2023 kurang lebih Rp 1,2 Triliun sehingga target pendapatan Kabupaten Mimika di tahun 2024 sebesar Rp 6,6 Triliun.

“Memang APBD kita tetap Rp 7,5 Triliun, namun untuk pembebanan pendapatan daerah dikurangi dari SiLPA tahun 2023 maka target kita tahun 2024 sebesar Rp 6,6 Triliun. Ini sesuai rapat evaluasi yang kami lakukan beberapa waktu lalu,” ujarnya, Senin (19/2/2024).

Ia menjelaskan, dari hasil SiLPA Rp 1,2 Triliun dirasionalkan menjadi 900 Rp Miliar dikarenakan adanya pembayaran-pembayaran hutang di tahun 2023.

“Karena ada pembayaran hutang dan lain-lain, maka angka pasti yang kita keluarkan untuk pembebanan pendapatan daerah Kabupaten Mimika yaitu Rp 900 Miliar. Dengan adanya penerimaan pembiayaan dari SiLPA maka bisa mengurangi target pendapatan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam rapat evaluasi anggaran yang dilakukan belum lama ini, ada beberapa hal juga yang dibahas, termasuk adanya pergeseran dari anggaran PTFI 2,5 persen, yang tadinya dari PAD lain-lain yang sah bergeser ke pendapatan lain-lain.

“Untuk APBD Mimika saat ini hanya ada pergeseran anggaran, untuk belanja daerah masih tetap sama seperti tahun lalu, tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy