SALAM PAPUA (TIMIKA) - PT Freeport Indonesia (PTFI) sukses melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (BK3N) tahun 2024, yang dimulai sejak 12 Januari 2024 baik di wilayah highland (Tembagapura) maupun lowland (Kuala Kencana) dan secara resmi ditutup pada Sabtu (9/3/2024) di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, yang tampak antusiasme masyarakat Mimika menghadiri kegiatan penutupan tersebut karena dimeriahkan oleh performa seniman-seniman lokal dan konser band Kotak.

Ketua Panitia BK3N PT Freeport Indonesia (PTFI) tahun 2024, Wisnu Hartomo mengatakan bahwa BK3N PTFI 2024 diwarnai beragam kegiatan mulai dari pameran, kampanye, hingga seminar yang tidak hanya melibatkan karyawan Freeport Indonesia, tetapi juga komunitas termasuk pelajar dari SMK Negeri 1 Kuala Kencana. Lomba internal juga diselenggarakan sesuai dengan isu utama BK3N tahun ini yang berfokus pada mengantisipasi resiko di PTFI baik dalam aspek kegiatan tambang maupun komunitas.

"Kita patut bersyukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas keberhasilan kita menyelenggarakan semua kegiatan kita. Tentunya seluruh rangkaian kegiatan ini juga berhasil atas kerja sama yang solid," ujarnya.

Sementara itu Kepala Teknik Tambang PTFI, Carl Tauran menyampaikan terima kasih secara khusus kepada Panitia BK3N PTFI 2024, baik di wilayah highland dan lowland serta seluruh pihak yang telah memberikan sumbangsih sehingga BK3N tahun ini dapat berlangsung dengan baik.

"Hari ini kita akhiri BK3N, tapi kita terapkan ‘safety starts with me’ secara terus menerus dan dilanjutkan hingga akhir tahun ini dan dilakukan lagi di tahun depannya," ujarnya.

Carl mengatakan bahwa berbicara tentang safety, tentunya dimulai dari dalam keluarga masing-masing karena keluarga dari seluruh karyawan adalah bagian penting PTFI.

"Makanya saya imbau kepada Ibu-Ibu dan adik-adik di rumah supaya terus menerapkan safety di kehidupan sehari-hari di rumah supaya Bapaknya bisa bekerja dengan tenang sehingga operasi PTFI bisa berjalan dengan baik," imbaunya.

Sedangkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mimika, Paulus Yanengga saat hadir pada kegiatan penutupan tersebut mengatakan, pelaksanaan BK3N yang digelar PTFI sangat luar biasa.

BK3N sangat penting sehingga Menteri Ketenagakerjaan menginstruksikan kepada seluruh perusahan agar melaksanakannya di area perusahaan masing-masing.

Kegiatan ini melibatkan seluruh pihak dengan sasaran bahwa urusan safety dimulai dari usia dini dan dari dalam rumah tangga masing-masing.

"Apa yang sudah dilaksanakan oleh PTFI selama BK3N sangat luar biasa, dan Pemda Mimika sangat mengapresiasi hal itu," ujar Paulus.

Diketahui, Hari penutupan BK3N PTFI 2024, Sabtu (9/3/2024), diawali  dengan Lomba Lari 10 Kilometer di Kuala Kencana jam 05.00 WIT pagi, bazar hiburan yang dihadiri oleh seluruh petinggi PTFI. Hingga pukul 20.00 WIT, ratusan warga Timika terus memadati alun-alun kota Kuala Kencana guna menyaksikan hiburan dan konser band papan atas tanah air.

Meski diguyur hujan deras, ratusan warga Timika tetap bertahan menyaksikan penampilan Lady Rocker, Tantri  bersama bassis cantik band legendaris tersebut, yaitu Swasti Sabdastantri atau yang lebih dikenal sebagai Chua.

Kurang lebih 8 lagu dilantunkan dengan gaya sang Lady Rocker menjadikan warga Timika ikut bernyanyi dan melompat-lompat memeriahkan penutupan BK3N PTFI tersebut.

Penulis : Acik

Editor : Jimmy