SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kehilangan 1.175 suara, sejumlah massa mewakili Partai Nasdem Kabupaten Mimika menggelar demonstrasi di depan pintu pagar Gedung Eme Neme Yauware Timika, Selasa (5/3/2024), yang meminta agar pleno rekapitulasi suara tingkat Kabupaten untuk Distrik Wania ditunda.

Salah satu pendemo mengaku bahwa pada saat perhitungan di lapangan, tepatnya di semua TPS di Dapil 4 Kabupaten Mimika (Distrik Wania), massa mengklaim total suara Caleg Partai Nasdem memperoleh 1.175 suara, namun saat pelaksanaan pleno rekapitulasi tingkat Distrik Wania, justru kehilangan suara tersebut.

“Saya saksi dari partai Nasdem. Saat Pleno Distrik Wania kami tidak diberikan Form C1, padahal jelas di lapangan Caleg kami mendapatkan suara 1.175,” ujarnya.

Pendemo lainnya meminta agar pleno rekapitulasi tingkat Kabupaten untuk Distrik Wania ditunda hingga PPD Wania menjelaskan hilangnya 1.175 suara tersebut.

“Kami mau PPD Wania datang jelaskan, dia bawa suara itu kemana? Di Dapil 4 itu Partai Nasdem dapatkan 2 kursi, kenapa yang ada hanya 1 kursi,” ungkapnya.

Sementara itu, pihak keamanan dari Kepolisian yang menemui para pendemo menyampaikan bahwa apabila ada keluhan dari semua saksi maupun Partai agar sebaiknya melapor ke Gakkumdu, sebab pihak keamanan tidak memiliki kewenangan untuk menerima pengaduan apapun.

“Kami minta semua bubar, karena kita di sini tidak menerima pengaduan, sebaiknya melakukan pelaporan di tempatnya (Gakkumdu),” ujarnya.

Pantauan salampapua.com di lokasi, meskipun dibubarkan Polisi namun pendemo tetap berdiri di depan pagar Gedung Eme Neme Yauware tapi tidak melakukan aksi anarkis.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy