SALAM PAPUA (TIMIKA) - Wakil Ketua I Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (LEMASKO), Marianus Maknaipeku mengatakan masih banyak masyarakat Kamoro di Poumako yang tertinggal.

“Ada banyak program-program dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika yang janggal, yang tidak tepat sasaran kepada masyarakat Kamoro,” ujarnya kepada salampapua.com, Senin (1/4/2024).

Marianus mengungkapkan bahwa pembangunan Pemkab Mimika tidak merata, dimana masyrakat Kamoro masih banyak yang tidak memiliki rumah layak huni, bahkan banyak masyarakat hanya tinggal di pinggir sungai dengan alas seadanya.

“Kami tegaskan untuk Kepala Distrik Pesisir jangan hanya diam. Kami harap Pemkab juga tidak tutup mata dengan masyarakat Kamoro yang tiap tahun tidak ada perkembangan,” tegasnya.

Di sisi lain, Ia mengapresiasi Gubernur Provinsi Papua Tengah Ribka Haluk yang telah memberikan program pembangunan rumah layak huni kepada masyarakat Kamoro.

“Pemkab Mimika harus mencontoh Provinsi yang memberikan kita program rumah layak huni, yang dari jauh perhatikan kami tapi yang dekat tutup mata. Kami harap pembangunan bisa pro rakyat bukan pro pribadi, bahkan DPRD hanya mengejar uang,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy