SALAMPAPUA (TIMIKA)- Selain keindahan alamnya, Papua Barat juga terkenal dengan wisata kulinernya. Inilah daftar rekomendasi makanan khas Papua Barat yang wajib dicoba untuk menikmati sajian memanjakan lidah.

Papua Barat merupakan salah satu wilayah provinsi dari Pulau Papua. Ibu kota dari Papua Barat merupakan sebuah wilayah perkotaan bernama Manokwari. Memiliki aneka ragam bentang alam, Papua Barat memang dikenal luas dengan keindahan wisata alamnya. Namun siapa sangka, Papua Barat juga menyimpan beragam makanan khas yang tak hanya unik namun juga memiliki cita rasa yang sulit dilupakan.

Tentunya, berwisata di Papua Barat tak akan lengkap tanpa mencicipi kuliner khas daerahnya. Berikut daftar makanan khas Papua Barat yang dapat melengkapi keseruan petualangan rasa Anda.

1. Udang Selingkuh

Daftar makanan khas pertama dari Papua Barat yang wajib Anda coba adalah udang selingkuh. Udang selingkuh merupakan salah satu sajian yang paling digemari oleh wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Papua Barat. Biasanya udang selingkuh ini dimasak dengan cara ditumis ataupun dibakar. Dalam penyajiaanya, udang biasanya dihidangkan bersama dengan tumis sayuran seperti kangkung ataupun bunga pepaya.

Selain rasanya yang khas, keistimewaan dari makanan ini terletak pada keunikan udang selingkuh yang digunakan. Udang selingkuh memiliki bentuk tubuh seperti lobster pada umumnya namun memiliki capit yang besar layaknya capit pada kepiting.

3. Sambal Colo-Colo

Sambal colo-colo rupanya tak hanya terkenal di daerah Maluku dan Makasar. Di Papua Barat, sambal jenis ini juga merupakan pelengkap makanan yang menjadi favorit masyarakat lokal.

Sambal yang terbuat dengan cara memotong-motong tomat, bawang merah, dan cabai dalam ukuran dadu ini memiliki rasa segar, pedas, dan manis. Masyarakat setempat biasanya menjadikan sambal colo-colo ini sebagai pelengkap sajian ikan bakar ataupun ikan kuah kuning.

4. Ikan Bakar Pedas Manokwari

Sebagian besar dari Anda tentunya sudah familiar dengan hidangan ikan bakar, seperti gurame bakar dan nila bakar. Namun bagaimana dengan ikan cakalang (tongkol) bakar? Sajian ikan cakalang bakar merupakan salah satu makanan khas andalan dari Kota Manokwari Papua Barat. Selain rasanya yang gurih, ikan cakalang bakar khas Manokwari ini biasanya disajikan dengan bumbu bakar yang extra pedas.

5. Aunuve Habre

Sesuai dengan namanya yang relatif unik, sajian ini hampir memiliki kemiripan dengan sajian steak dari negara Eropa. Bedanya Aunuve Habre menggunakan bahan baku ikan cakalang. Untuk menjaga bentuknya tetap cantik saat diolah, ikan cakalang dalam sajian ini dibungkus menggunakan daun telas.

 

6. Rica-Rica Cacing Laut

Terdengar anti-mainstream, makanan khas yang satu ini dipercaya masyarakat lokal sangat ampuh untuk meningkatkan kejantanan laki-laki. Banyak mengandung protein yang baik untuk tubuh, cacing laut biasanya diolah dengan cara digoreng dan dibumbui dengan bumbu rica-rica pedas.

7. Ikan Bungkus Daun Talas

Sesuai dengan namanya, makanan khas ikan bungkus daun talas merupakan sajian yang menggunakan bahan utama ikan laut. Ikan laut ini kemudian dibumbui dengan bumbu kuning dan kemudian dikukus. Berbeda dari ikan bungkus pepes ikan yang menggunakan daun pisang, sajian ini menggunakan daun talas sebagai pembungkusnya. Menambah kekhasan dan keunikan rasanya, bumbu kuning yang digunakan juga ditambah dengan daun salam yang semakin memperkaya citarasa masakan.

8. Kapurung

Kapurung merupakan sajian makanan berkuah yang memiliki tampilan layaknya sop ikan. Bedanya, masakan ini menggunakan ikan peda atau ikan kembung sebagai olahan utamanya. Tentunya, kuah ikan ini juga ditambah dengan papeda.

9. Telur Balado Super Pedas

Daerah Papua Barat memang terkenal dengan citarasa masakannya yang pedas. Salah satu menu pedas andalan dari Papua Barat adalah telur balado pedas. Perpaduan bawang-bawangan, kemiri, dan cabai membuat telur balado ala Papua Barat menjadi salah satu makanan favorit wisatawan. Bumbunya yang extra pedas dijamin membuat Anda susah lupa dengan makanan khas yang satu ini.

10. Ikan Kuah Kuning

Selain masakan pedas, Papua Barat juga terkenal dengan sajian ikan kuah kuningnya. Ikan kuah kuning ini biasanya disajikan bersama dengan papeda. Sajian ini dapat ditemukan dengan mudah di rumah makan di Papua Barat.

11. Aunu Senebre Khas Papua Barat

Aunu Senebre merupakan hidangan khas dari Papua Barat yang dibuat dari teri nasi. Hidangan ini dikombinasikan dengan parutan kelapa dan taburan daun talas. Rasa dari makanan khas ini sangat gurih dan renyah. Biasanya masyarakat lokal menjadikan kudapan ini sebagai pelengkap santapan hidangan sagu.

12. Sagu Lempeng

Papua Barat juga terkenal dengan ragam makanan berbahan sagunya. Salah satu makanan khas dari Papua Barat yang menggunakan bahan sagu adalah lempeng sagu atau sagu lempeng. Bentuk dan proses pembuatan sagu lempeng ini sama dengan pembuatan roti tawar pada umumnya. Bagi Anda yang penasaran seperti apa rasa sagu yang menggantikan gandum pada roti tawar, Anda dapat berkunjung ke Papua Barat untuk mencobanya.

13. Ulat Sagu

Tak banyak yang tahu bahwa ulat penghasil sagu (yang biasa disebut sebagai ulat sagu) dapat dimakan. Masyarakat lokal Papua Barat biasa mengolah ulat sagu dengan cara di tusuk-tusuk dan dibakar. Bumbu yang dipakai pun cukup sederhana yakni hanya ditaburi dengan garam. Menurut penelitian, ulat sagu ternyata juga memiliki nilai protein yang tinggi. Sehingga sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi gizi tubuh.

14. Roti Abon Gulung

Roti abon gulung merupakan salah satu jenis roti yang banyak dijumpai di toko-toko kue. Namun siapa sangka, ternyata roti ini juga merupakan salah satu makanan khas dari Papua Barat. Tak terlalu berbeda dengan roti gulung pada umumnya, resep dan cara pembuatan roti gulung abon khas Papua Barat pun hampir sama dengan roti pada umumnya. Hanya saja, roti gulung ini lebih tidak tahan lama lantaran tidak menggunakan pengawet sebagai campuran bahan bakunya.

15. Kue Eurimoo

Kue basah yang satu ini merupakan makanan khas yang dibuat dengan bahan tepung dan gula merah. Memiliki bentuk sajian menyerupai kelepon dari Pulau Jawa, kue ini juga sering disebut sebagai “kelpon Papua”.

16. Bubur Papeda

Makanan khas yang satu ini sangat mudah dijumpai di setiap daerah di Papua Barat. Masyarakat lokal menjadikan bubur papeda ini sebagai makanan pengganti nasi. Tak heran, hampir semua sajian makanan selalu memiliki papeda sebagai pengganti karbohidratnya. Tentunya rasa dari papeda yang tawar sangat cocok jika dikombinasikan dengan masakan jenis apapun.

17. Petatas

Petatas merupakan nama lain untuk ubi jalar. Masyarakat lokal yang tidak familiar dengan nasi menjadikan petatas sebagai salah satu sumber karbohidrat sehari-hari. Petatas biasanya dikukus dan disajikan bersama ikan bakar maupun ikan kuah kuning.

18. Martabak Sagu

Menikmati martabak telur goreng tentunya merupakan hal yang biasa. Namun bagaimana dengan martabak sagu? Martabak sagu merupakan sajian martabak manis yang dibuat dari sagu lempeng. Sagu lempeng yang sudah dihaluskan kemudian diisi dengan gula merah dan digoreng. Makanan ini sangat cocok dimakan saat masih panas. Perpaduan sagu yang lembut dan sensasi gula merah yang meleleh saat dimakan tentunya sangat sulit dilupakan.

19. Es Matoa

Matoa yang banyak tumbuh subur di daratan Papua Baat ternyata juga bisa dijadikan sajian manis. Salah satu olahan matoa adalah es buah matoa. Rasa khas buah matoa yang dikombinasikan dengan aneka buah-buahan segar seperti carica, buah naga, dan kelapa benar-benar terasa manis dan segar. Sajian es buah ini tentunya sangat cocok diminum pada waktu siang hari yang terik.

20. Keripik Keladi

Keladi merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang juga dapat tumbuh subur di tanah Papua Barat. Selain direbus, biasanya masyarakat sekitar mengolah keladi sebagai camilan keripik. Keripik keladi khas Papua Barat ini memiliki rasa yang gurih, asin, dan renyah.

21. Kue Lontar Khas Papua Barat

Kue lontar merupakan kue yang dibuat dari campuran telur dan tepung terigu. Bentuk tampilannya hampir mirip dengan pai susu yang biasa kita jumpai di Pulau Bali. Hanya saja kue lontar memiliki ukuran yang jauh lebih besar. Kue ini biasanya dapat ditemui dengan mudah dalam perayaan Natal ataupun acara-acara besar lainnya.

22. Sarang Semut Papua

Makanan yang satu ini tentunya tak asing lagi. Sarang semut Papua Barat memang terkenal memiliki kandungan antioksidan tinggi. Tak heran, sarang semut pun dijual dengan harga yang relatif tinggi. Bahkan, banyak menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Papua Barat.

Itulah rekomendasi makanan khas dari daerah Papua Barat. Aneka ragam makanan yang dapat dijumpai di provinsi ini tentunya memberikan nilai tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak heran, banyak wisatawan yang terpikat dengan Papua Barat dan menjadikannya salah satu pusat destinasi wisata populer. (detik)

Editor: Sianturi