SALAM PAPUA (TIMIKA) - Bawaslu Mimika telah membuka penerimaan panitia distrik (Pandis) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, dan 21 Pandis pada Pemilihan Umum (Pemilu) lalu kembali dipekerjakan.

Koordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Mimika, Yusuf Heru Seraun mengatakan, Bawaslu Mimika telah membuka pendaftaran Pandis dari 13 Mei 2024, dan akan ditutup pada tanggal 15 Mei 2024. Tahapan awal yaitu tahap administrasi.

“Sampai hari ini 525 berkas yang telah masuk di Bawaslu. Kita terima yang sesuai dengan domisilinya. Syaratnya yah berKTP, tidak terlibat dengan partai politik,“ ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/5/2024).

Ia mengungkapkan, sebelum tahapan administrasi, Bawaslu telah melakukan tahapan evaluasi bagi Pandis Pemilu lalu. Dan pada proses evaluasi, ada 21 Pandis yang dinyatakan memenuhi syarat dan dipekerjakan kembali pada Pilkada nantinya.

“Jadi kami membutuhkan 3 Pandis dalam satu distrik. Tapi karena kami sudah ada 21 Pandis yang masuk pada tahapan evaluasi kemarin maka kami butuh lebih dari 30 Pandis lagi,” jelasnya.

Menurutnya, setelah tahapan administrasi dan calon pandis dinyatakan lulus, maka selanjutnya calon Pandis akan melakukan tes tertulis di tanggal 20 Mei, dan setelah tes tertulis calon Pandis akan melakukan tes wawancara.

“Setelah kita jaring Pandis dalam pemberkasan, yang lolos akan melakukan tes tertulis dan wawancara. Dari hasil tes tertulis dan wawancara kita gabungkan nilainya, kita ambil nilai yang memang mampu menjalankan tugasnya menjadi pengawas di lapangan,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi