SALAM PAPUA (TIMIKA) - Empat Bakal Calon (Balon) Bupati dan dua Balon Wakil Bupati Bupati Mimika meminta dukungan dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Mimika untuk maju pada Pilkada serentak 2024.

Ketua DPC PBB Kabupaten Mimika, Herman Gafur mengatakan, saat ini empat Balon Bupati yakni Johannes Rettob, Aleksander Omaleng, Maximus Tipagau, dan Paulus Kilangin, telah mengambil formulir untuk meminta dukungan DPC PBB untuk maju dalam bursa Pilkada Kabupaten Mimika 2024-2029, dan dua Balon Wakil Bupati Kabupaten Mimika yakni Muhamad Hasan Husein dan Yusuf Rombe.

“Kami buka pendaftaran dari tanggal dari tanggal 22-27 Mei 2024, dan enam dari perwakilan masing-masing telah mengambil formulir pendaftarannya, namun 2 perwakilan yang baru mengembalikan atas nama Maximus Tipagau dan Johannes Rettob,” ujarnya kepada salampapua.com, Kamis (23/5/2024).

Ia menjelaskan, sesuai intruksi PBB Nomor 1 Tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan PBB Nomor 1 Tahun 2015 tentang rekrutmen calon Kepala Daerah, bahwa rekrutmen Kepala Daerah dilakukan oleh masing-masing tingkatan sesuai kewenangan.

DPC melakukan rekrutmen dan kemudian melakukan koordinasi bersama DPD dan DPP, serta DPP akan mengeluarkan hasil nama Balon yang didukung PBB sesuai rekomendasi DPC dan DPD.

“Sesuai aturannya, perekrutan Presiden dilakukan oleh DPP, Gubernur DPW dan Bupati direkrut oleh DPC, yang jelas kami di daerah lebih mengetahui figurnya, tapi tetap akan melakukan koordinasi bersama,” jelasnya.

Menurutnya, pendaftaran tetap dilakukan secara terbuka bagi Balon Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju melalui PBB, dan pastinya kandidat tersebut berintegritas dan mempersatukan bukan mengotak-ngotakan, serta memiliki prinsip  sesuai slogan Mimika Eme Neme Yauware.

“Setelah pendaftaran, kita akan lakukan rapat pleno, barulah dilanjutkan dengan fit and proper test bagi Balon Bupati dan Wakil Bupati, yang akan dilakukan pada 28 Mei 2024,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy