SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Rugby Kabupaten Mimika, Papua Tengah, George Deda mengatakan saat ini Rugby di Mimika berkembang melalui program Rugby Go To School. Di mana ada empat sekolah yang terlibat yaitu, Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP), Asrama Yayasan Generasi Amungme Bangkit (YGAB), SMP 9 Kwamki Narama dan SMP Kokonao.

“Untuk 3 sekolah di Kota kita lakukan latihan 2 kali seminggu. Kalau sekolah yang di Kokonao saat ada transportasi baru kita ke sana. Untuk program ini memang program internasional, namun kami di kabupaten mendapatkan bantuan dari Badan Rugby Indonesia,” ujarnya saat dihubungi salampapua.com, Kamis (30/5/2024).

Ia menjelaskan, Rugby Go To School telah berjalan dari tahun 2023, dan dari pembinaan tersebut pihaknya telah melakukan turnamen antar pelajar di Bulan November 2023 dengan bantuan anggaran dari Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Mimika.

“Sampai saat ini kami masih menjalankan program ini, namun kami sering terkendala dalam ketersediaan lapangan. Kita tahun lalu sudah minta anggaran di Disparbudpora tapi belum mendapatkan jawaban,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk tahun 2024 ini dari Kabupaten Mimika, akan mengikuti turnamen rugby antar pelajar se-Indonesia di Bali, untuk tingkat SMP akan diwakili oleh SATP. Sedangkan untuk tingkat SMA akan diwakili oleh YGAB.

“Anak-anak dari SATP dan YGAB akan mengikuti turnamen rugby antar pelajar se-Indonesia yang dilaksanakan di Bali Bulan Oktober. Kami berharap dari Pemkab kembali memperhatikan rugby di Mimika agar dapat melaksanakan turnamen sehingga kita bisa mengetahui kemampuan anak-anak,” tambah George.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi