SALAM PAPUA (TIMIKA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika melantik 456 Panitia Pemungutan Suara (PPS) jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, yang dilaksanakan di Hotel Horison Diana, Minggu (26/5/2024).

Pelantikan ini sesuai Surat Keputusan (SK) KPU Mimika Nomor 15 tahun 2024 tentang Penetapan dan Pengangkatan anggota panitia pemungutan suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati pada Kabupaten Mimika 2024.

Ketua KPU Mimika Dete Abugau mengatakan, semua PPS telah diambil sumpah dan janji yang dibacakan untuk menjalankan tugas dan bekerja dengan jujur dan bertanggungjawab.

“Saya mau yang dilantik hari ini dapat menjalankan komunikasi dan koordinasi bersama PPD sampai nantinya PPD menyampaikan ke KPU, sehingga saya berharap semua bisa bekerja dengan jujur dalam Pilkada ini,” ujarnya.

Sementara itu, Koordiv Hukum KPU Mimika, Hironimus Ladoangin Kia Ruma meminta kepada semua PPS yang telah dilantik, untuk selalu membangun komunikasi kepada semua stakholder di lapangan yaitu, kepala kampung, kelurahan serta RT.

“Saya harap untuk PPS ini nantinya apabila merekrut KPPS dapat melakukan komunikasi dan koordinasi bersama KPU Mimika, sehingga Pemilu dapat berjalan baik dengan komunikasi yang baik,” ungkapnya.

Sedangkan Koordiv KPU Mimika, Budiono berharap PPS yang telah dilantik dapat menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik, semua catatan yang diberikan bisa dilakukan dengan baik dan benar, sebab hari ini PPS bersumpah di hadapan Tuhan.

“Semua sudah bersumpah, maka apabila bekerja tidak sesuai dengan aturan Perundang-undangan jelas akan ada konsekuensinya,” jelasnya.

Selanjutnya, Koordiv Teknis KPU Mimika, Fransiskus Xaverius Ama Bebe Bahy meminta kepada PPS, apabila ingin merekrut KPPS dapat merekrut dengan baik dan berkoordinasi bersama KPU, sebab perekrutan KPPS juga memilki kriteria sendiri.

“Paling tidak yang direkrut itu bisa paham tentang Information dan Technology (IT), sehingga saat mengunakan Sirekap bisa paham, dan tidak melakukan kesalahan, sebab Sirekap merupakan jantung dari pemilihan,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi